Bagaimana Membuat Gudeg labu siam/ labu jipang yang Lezat Sekali

Myra Bowen   06/10/2020 10:31

Gudeg labu siam/ labu jipang
Gudeg labu siam/ labu jipang

Lagi mencari inspirasi resep gudeg labu siam/ labu jipang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gudeg labu siam/ labu jipang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Labu siam dikenal juga dengan sebutan jipang atau labu jipang, buah dan pucuk mudanya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Tanaman labu siam banyak dibudidayakan di Indonesia, batangnya merambat dan memiliki karakter mirip dengan tanaman gambas. Cara menanam labu siam tidaklah terlalu sulit karena labu siam merupakan tanaman dengan daya tahan hidup yang tinggi.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gudeg labu siam/ labu jipang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan gudeg labu siam/ labu jipang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat gudeg labu siam/ labu jipang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Gudeg labu siam/ labu jipang memakai 13 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Gudeg labu siam/ labu jipang:
  1. Siapkan 4 buah labu siam tua iris kotak panjang (yg muda boleh hanya saja mudah lembek)
  2. Siapkan 1/2 sdm ketumbar
  3. Gunakan 7 buah kemiri goreng
  4. Sediakan 4 siung bawang putih
  5. Ambil 5 siung bawang merah
  6. Siapkan 5 iris lengkuas
  7. Siapkan 10 buah rawit (boleh tambah boleh kurang)
  8. Siapkan Minyak untuk menumis
  9. Ambil 1/2 sdm garam
  10. Gunakan 2 sdm gula merah sisir
  11. Siapkan 1 bks kaldu ayam bubuk
  12. Gunakan Salam, sereh, daun jeruk
  13. Siapkan 1/2 liter santen dari 1/4 butir kelapa

Daerah yang banyak ditemukan tanaman ini adalah Pacet (Cipanas). Waktu bertanam labu siam yang baik ialah pada akhir musim hujan. Cara Menanam Labu Siam - Labu Siam (Sechium edule) adalah tanaman milik keluarga Cucurbitaceae. Tumbuhan ini memiliki ciri batang menyebar, lunak dan mengandung air.

Langkah-langkah menyiapkan Gudeg labu siam/ labu jipang:
  1. Haluskan semua bumbu lalu tumis sampai harum lalu masukan labu dan sedikit santan, tunggu sebentar..
  2. Masukan santan, salam, sereh daun jeruk…(garam, gula, penyedap jangan dimasukan sebelum empuk) tutup.. biarkan labu empuk
  3. Setelah empuk, masukan garam, gula, penyedap… koreksi rasa… buka tutupnya dan besarkan api agar cepat surut airnya..
  4. Setelah surut sesuai selera, gudeg labu siap disajikan

Lihat juga resep Lodeh Manisa enak lainnya. Misalnya, labu siam sering disebut dengan labu jipang, waluh jipang, dan sebutan lainnya. Tanaman sayuran labu siam tumbuh merambat dengan buahnya yang berwarna kuning, hijau muda, sampai hijau tua. Buahnya berbentuk bulat seperti lampu pijar yang menggantung dan memiliki bulu-bulu. Labu Siam banyak dibudidayakan didataran tinggi dengan suhu udara yang dingin.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat gudeg labu siam/ labu jipang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved