Resep Gudeg jogja / sayur nangka yang Lezat Sekali

Caleb Torres   05/11/2020 11:08

Gudeg jogja / sayur nangka
Gudeg jogja / sayur nangka

Lagi mencari inspirasi resep gudeg jogja / sayur nangka yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal gudeg jogja / sayur nangka yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

resep gudeg nangka muda ini berisi tips memasak gudeg Jogja jaun jati sambal krecek dan opor ayam kampung khas gudeg komplit. Resep Gudeg Nangka - Yogyakarta, kota istimewa yang mempunyai julukan kota pelajar ini memang selalu memiliki beragam keunikan yang menarik para. Minal aidzin walfaizin Mohon Maaf lahir batin ya gess..

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gudeg jogja / sayur nangka, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan gudeg jogja / sayur nangka yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan gudeg jogja / sayur nangka sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Gudeg jogja / sayur nangka menggunakan 21 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Gudeg jogja / sayur nangka:
  1. Siapkan nangka (sudah direbus)
  2. Ambil santan / 3 bks kara
  3. Sediakan bumbu halus
  4. Gunakan cabe merah
  5. Sediakan / 2 genggam rawit
  6. Siapkan bamer
  7. Gunakan baput
  8. Gunakan kemiri
  9. Sediakan pala
  10. Gunakan kunyit
  11. Sediakan cm/ 1 ruas jahe
  12. Sediakan lengkuas
  13. Sediakan ketumbar halus
  14. Ambil bumbu kasar
  15. Siapkan daun jeruk
  16. Ambil daun salam
  17. Siapkan serai
  18. Ambil lengkuas
  19. Ambil masako ayam/ garam sesuai selera
  20. Siapkan micin
  21. Siapkan gulmer hitam

Sayur Gudeg ini cocok di makan dalam segala kondisi dan suasana, pagi hari enak untuk sarapan, siang hari juga cocok dengan cuaca panas dengan Cara Membuat gudeg jogja Kering. ► Cuci buah nangka dengan bersih ► Sediakan Kuali (kendil) untuk memasak, masukan daun salam kemudian. Gudeg adalah menu sehari-hari masa kecil saya meski kami tidak tinggal di Jogja. Gudeg nangka atau ibu saya menyebutnya Gudeg Gori adalah menu sehari-hari masa kecil saya meski kami tidak tinggal di Jogja. Meski kedengaran unik orang Jogja gak pernah bikin Gudeg tapi saya rasa hal biasa karena kalau pingin makan gudeg tinggal beli juga.

Langkah-langkah membuat Gudeg jogja / sayur nangka:
  1. Blender smua bumbu yg akan dihaluskan,lalu tumis bumbu halus dan kasar sampe wangi, jika sudah matang masukan nangka yg sudah direbus
  2. Aduk2 hingga rata, lalu masukan air aduk2 sampe rata, sampe mendidih masukan santan kara dan gula merah serta smua penyedap, aduk2 hingga rata dan sampe mendidih atau agak kering, kalo mw kering bs makan waktu lama, jd sesuai selera aja ya kalo kurang hitam boleh tambah 3 pcs teh celup sari wangi gpp untuk menghitamkan nangka, jgn gulmer nanti jd kemanisan,
  3. Aduk hingga air agak menyusut, matikan kompor, kalo saya sih hari pertama gpp pake kuah, hari kedua dan ketiga kan dipanasin trs itu lbh enak dibandingkan yg pertama, selamat menikmati 😋😋😋😋

Bahkan tepat sebelum Jogja ada. "Gudeg sebetulnya sudah ada sejak Yogyakarta pertama dibangun," tutur Murdijati. Karena menjadi kuliner fleksibel, masyarakat pun kadangkala. Kalau gudeg biasanya terbuat dari buah nangka muda, namun gudeg manggar berbeda Gurihnya sayur gudeg dengan bumbu santan kental memang sangat serasi dengan nikmatnya ceker ayam. Gudeg dan ayam geprek adalah dua ikon kuliner Jogja yang jadi favorit di seantero nusantara. Nangkanya empuk dan manis, karena memakai resep asli Jogja.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan gudeg jogja / sayur nangka yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved