Resep Sayur Labu Tempe Santan, Bikin Ngiler

Seth Lewis   19/08/2020 17:41

Sayur Labu Tempe Santan
Sayur Labu Tempe Santan

Anda sedang mencari ide resep sayur labu tempe santan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur labu tempe santan yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur labu tempe santan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sayur labu tempe santan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Cara membuat sayur labu siam: Labu siam dikupas kulitnya terlebih dahulu. Kemudian bijinya dibuang dan potong-potong membentuk korek api. Tambahkan labu siam, aduk lagi sampai merata dengan bumbu, memasak sayur labu siam sampai setengah matang, tuangkan santan dan tambahkan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sayur labu tempe santan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Sayur Labu Tempe Santan menggunakan 21 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sayur Labu Tempe Santan:
  1. Gunakan 1 buah labu siam ukuran besar (saya serut kasar)
  2. Siapkan 300 gram tempe (1 papan)
  3. Siapkan 100 gram teri jengki (saya skip)
  4. Siapkan 50 gram ebi kering (tambahan dari saya)
  5. Gunakan 700 cc santan encer
  6. Gunakan 2 lembar daun salam
  7. Ambil 1 batang daun serai digeprek
  8. Siapkan 3 cm lengkuas digeprek
  9. Ambil 1 sdt garam
  10. Gunakan 1/2 sdt kaldu jamur
  11. Gunakan 1 sdt gula pasir
  12. Sediakan 3 buah cabai merah keriting diiris halus
  13. Gunakan Secukupnya minyak goreng
  14. Gunakan Bumbu halus :
  15. Sediakan 8 butir bawang merah
  16. Siapkan 5 butir bawang putih
  17. Siapkan 2 buah kemiri
  18. Siapkan 1 sdm ketumbar
  19. Gunakan 3 buah cabai rawit merah
  20. Gunakan 3 buah cabai merah keriting (tambahan dari saya)
  21. Gunakan 1 cm kunyit (tambahan dari saya)

Tunggu hingga labu siam menjadi matang dan kuah santan mengental secara sempurna. Lodeh merupakan sayur berkuah dengan santan ditambah bumbu rempah yang kuat. Biasanya bahan utama sayur lodeh adalah nangka muda dan Langkah: a. Potong labu siam tipis memanjang, cuci bersih dengan diberi garam secukupnya, sisihkan. b.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Labu Tempe Santan:
  1. Remas labu siam dengan air garam. Lalu bilas hingga bersih agar getahnya hilang. Sisihkan. Tempe dipotong kotak-kotak lalu goreng sebentar, sisihkan
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan cabai merah iris, daun salam, aduk hingga matang dan layu. Tambahkan santan, aduk terus hingga berbuih (jangan sampai mendidih dan pecah). Gunakan api kecil saja
  3. Masukkan labu siam, ebi kering, tempe, lengkuas, daun serai, garam, gula dan kaldu jamur. Aduk terus hingga rata dan semuanya matang. Koreksi rasa. Sajikan dengan ketupat dan pelengkap sambal goreng kentang hati (ada di resep saya berikutnya)

Potong dadu tahu dan tempe, goreng sebentar. Cita rasanya yang enak dan segar menjadikan labu siam biasa diolah menjadi bahan utama masakan atau sebagai campuran masakan lainnya. Sayur labu siam kuah santan ini adalah salah satu variasi cara memasaknya dengan bumbu sederhana yang kali ini. Ini dia resep sayur labu siam tempe kuah santan. Sayur labu siam tempe merupakan salah satu menu masakan sehari - hari yang. resep sayur labu siam kuah santan cair.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur labu tempe santan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved