Cara Gampang Menyiapkan Sayur gudeg tetelan, Enak

Robert Underwood   27/10/2020 15:53

Sayur gudeg tetelan
Sayur gudeg tetelan

Sedang mencari inspirasi resep sayur gudeg tetelan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur gudeg tetelan yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur gudeg tetelan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sayur gudeg tetelan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Sayur Asem Tetelan yang dimasak dengan Royco Sayur Asem yang Dijamin Enak! Buat makan anda menjadi lebih spesial dengan menu gudeg. Lihat juga resep Oseng mercon tetelan enak lainnya.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sayur gudeg tetelan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur gudeg tetelan memakai 18 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sayur gudeg tetelan:
  1. Sediakan nangka
  2. Ambil tetelan
  3. Siapkan telur rebus
  4. Sediakan daun salam (buang ujung2nya)
  5. Ambil daun jeruk (sobek / buang tulang)
  6. Sediakan sereh (geprek)
  7. Ambil lengkuas (geprek)
  8. Gunakan santah beku (aq pake sebelahnya dari 1/4)
  9. Siapkan Garam
  10. Siapkan Kaldu jamur
  11. Sediakan Air
  12. Sediakan Bahan halus
  13. Gunakan bawang putih
  14. Gunakan bawang merah
  15. Sediakan gula merah
  16. Ambil kemiri
  17. Ambil teh celup(sariwangi)
  18. Siapkan ketumbar halus

Resep Sayur Nangka Santan Plus Daging Sapi ala MASAKAN RUMAHAN. Sayur lodeh khas masakan ibu yang satu ini bisa bikin anak rantau jadi ingin kembali pulang. Sayur lodeh bisa jadi menu rumahan yang selalu ada sebagai santapan di pagi atau siang hari. Gudeg nangka atau ibu saya menyebutnya Gudeg Gori adalah menu sehari-hari masa kecil saya meski kami tidak tinggal di Jogja.

Cara membuat Sayur gudeg tetelan:
  1. Rebus tetelan buang air pertama
  2. Rebus nangka.. Buang air pertama… Isi air lg… Godok bareng tetelan.
  3. Masukan bumbu halus… Gula merah.. Garam.. Kaldu jamur.. Sereh salam, daun jeruk,telur dan teh
  4. Tutup panci.. Godok hingga 2 jam dengan api sedang (sampai nangkanya empuk)
  5. Masukan santan… Berhub aq santan beku.. Jd aq matiin apinya dlu… Lalu aq masukan santan beku..aduk2 sampai santan mencair semua
  6. Lalu nyalakan api… Masak hingga mendidih… Koreksi rasa

Masakan gudeg paling terkenal yakni resep gudeg jogja, dari sanalah resep masakan ini berasal. Kehebatan masakan khas jogja lebih awet dan tidak mudah basi. Gurihnya sayur gudeg dengan bumbu santan kental memang sangat serasi dengan nikmatnya ceker ayam. Apalagi, lokasinya juga pas dijadikan tempat nongkrong, dan di malam hari ada sajian live. Kamu bisa mencoba membuat oseng mercon menggunakan tetelan dan otot sapi.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sayur gudeg tetelan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved