Resep Sambal Cakalang yang Lezat Sekali

Ellen Logan   28/06/2020 14:28

Sambal Cakalang
Sambal Cakalang

Lagi mencari inspirasi resep sambal cakalang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal cakalang yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal cakalang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambal cakalang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Tadinya cuma mau bikin sambal cakalang ala samba roa gtu, tapi suamik maunya di tambahin sesuatu yg bikin seger. karna ga punya jeruk limau atau jeruk nipis, adanya cuma lemon ya udah dikasih lemon aja. dan ternyata beneran bikin seger lho, tambah enak, lebih light rasanya. Sambal Cakalang Asap No MSG dan Tahan Lama. Bikin stok sambal untuk ramadhan ini, biar hemat waktu masak nantinya 😊 No micin atau sebagainya, rasanya murni sedap dari cakalang asap.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sambal cakalang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambal Cakalang memakai 9 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sambal Cakalang:
  1. Siapkan 1 ekor ikan cakalang segar
  2. Ambil 1/4 kg cabai merah keriting
  3. Siapkan 8 siung bawang merah ukuran besar
  4. Gunakan 10 lembar daun jeruk
  5. Siapkan 1 ruas lengkuas ukuran sedang
  6. Gunakan 5 ikat daun kemangi
  7. Siapkan 3 batang daun bawang
  8. Gunakan 3 batang serai
  9. Gunakan 3 lembar daun salam

Sambal Roa Manado Bro Arthur, Sambal Cakalang, Galafea, Ricaroa, Minahasa, Rica Pidis, Sambal Manado, Kerukunan Keluarga Kawanua Sedunia, Oleh-oleh Manado Sambal Cakalang merupakan perpaduan antara cabe rawit dengan ikan cakalang yg sudah diasap bersama dgn bumbu-bumbu lainnya. Cari produk Aneka Sambal lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Cakalang fufu can be heated or fried and directly consumed with steamed rice accompanied with dabu-dabu (Minahasan sambal), or become the ingredient of other dishes, such as mixed with potato salad, sprinkled upon noodles or tinutuan, or cooked as spicy rica-rica with chili pepper.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Cakalang:
  1. Cuci bersih ikan cakalang segar, lalu naluri dengan garam. Kukus hingga matang
  2. Selagi menunggu ikan sedang dikukus. Haluskan cabai merah keriting, bawang merah dan 5 lembar daun jeruk. Sisihkan
  3. Jarang kasar daun bawang dan iris halus batang serai. Sisihkan.
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukan juga daun salam, sisa daun jeruk dan lengkuas yang susah dimemarkan. Tumis hingga harum. Lalu matikan api sejenak.
  5. Ikan cakalang yg sudah matang dikukus, lalu digoreng tidak sampai kering. Tiriskan, lalu suit dan pisahkan tulang.
  6. Jika ikan sudah selesai disisir dan terpisah oleh tulang. Masukkan kedalam bumbu yg sudah ditumis. Jika sudah merata. Masukan daun bawang, daun kemangi dan batang setai yg sudah di iris tipis. Masakan kembali hingga beraroma. aduk hingga agak mengering lalu angkat dan sajikan.

Balado is a type of hot and spicy bumbu (spice mixture) found in Minang cuisine of West Sumatra, Indonesia. Balado sauce is made by stir frying ground red hot chili pepper with other spices including garlic, shallot, tomato and key lime juice in coconut or palm oil. The ingredients are quite similar to sambal hot chili paste. However, unlike sambal—which is often treated as a separate. Cari produk Aneka Sambal lainnya di Tokopedia.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sambal cakalang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved