Bagaimana Membuat Bakso Sapi Kuah Asam yang Enak Banget

Eliza Goodman   18/07/2020 21:37

Bakso Sapi Kuah Asam
Bakso Sapi Kuah Asam

Sedang mencari inspirasi resep bakso sapi kuah asam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bakso sapi kuah asam yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bakso sapi kuah asam, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan bakso sapi kuah asam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

cara membuat bakso sapi dan resep bakso rumahan lengkap bahan bikin bakso kenyal serta cara membuat kuah bakso tulang sapi yang enak dan seger Dalam penyajiannya, bakso daging sapi umumnya disajikan saat kondisi panas dengan kuah kaldu sapi bening yang dicampur dengan mie. Masukkan bakso sapi ke dalam kuah. Makanan hasil olahan resep khas Solo ini paling enak kalau disantap dalam keadaan hangat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan bakso sapi kuah asam sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Bakso Sapi Kuah Asam menggunakan 20 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Bakso Sapi Kuah Asam:
  1. Gunakan bahan kuah per mangkok:
  2. Ambil 1 siung bawang putih,digeprak,ditumis,lalu dicincang kasar
  3. Ambil 2 -3 butir asam jawa(sesuai selera)
  4. Siapkan garam(sesuai selera)
  5. Ambil 1/2 sdt gula pasir
  6. Gunakan 1/4 sdt kaldu jamur bubuk(jika suka)
  7. Gunakan 1/2 sdt merica
  8. Siapkan 1 sdm kecap manis
  9. Ambil secukupnya air
  10. Ambil bahan bakso:
  11. Gunakan 500 gr daging sapi segar
  12. Ambil 2 butir telur ayam(gunakan putihnya)
  13. Siapkan 3 siung bawang putih dihaluskan
  14. Siapkan 2 sdm minyak jagung/minyak goreng biasa
  15. Gunakan 4 sdm tepung tapioka
  16. Siapkan 1/2 sdt baking soda
  17. Siapkan 2 sdt garam
  18. Ambil secukupnya es batu
  19. Gunakan 1 sdt merica bubuk
  20. Sediakan 1 sdm gula pasir

Karena banyak sekali varian dan inovasinya cara membuat kuah bakso pun jadi banyak dan berbeda-beda. Nah jika kamu selama ini penasaran. Bakso sapi yang di sajikan dengan kuah gurih serta bahan pelengkap seperti mie, tahu, sawi, dan bawang goreng ini memang sering menemani jam makan orang Indonesia. Tidak heran jika pedagang bakso keliling masih laris sampai sekarang.

Langkah-langkah membuat Bakso Sapi Kuah Asam:
  1. giling daging sapi dan es batu dg blender/food processor
  2. kemudian masukkan bahan2 lainnya dan haluskan lagi sampai halus
  3. setelah halus,ambil es batu dan pindahkan adonan bakso ke wadah lainnya
  4. rebus air sampai mendidih,kecilkan api dan mulai bentuk bakso sesuai keinginan. Caranya ambil sedikit adonan,kemudian lakukan gerakan seperti memeras,kemudian ambil adonan bulat dg sendok dan masukkan dlm rebusan air. Tunggu bakso mengambang,lalu tiriskan
  5. tunggu sampai bakso mengambang,kemudian masukkan dlm kontainer makanan dan masukkan dlm freezer jika ingin disimpan,bisa tahan 1 minggu
  6. buat bahan kuah,sajikan dgn daun bawang dan bawang goreng

Kalau kamu memiliki hobi makan bakso sapi dan. Bakso memang menjadi jajanan favorit dengan suguhan pentol bakso yang kenyal dan gurih juga kuahnya yang sedap dengan campuran bumbu-bumbu penyedap yang bikin ngiler deh pokoknya. Pada artikel kali ini resepcaramasak.org akan berbagi resep bakso sapi kenyal kuah sedap. Inilah cara praktis membuat Bakso daging Sapi yang kenyal enak tanpa menggunakan bahan pengenyal. Jajanan Nusantara yang bernama Bakso, memang begitu banyak diminati.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Bakso Sapi Kuah Asam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved