Resep Soto Ayam Bakso ngirit, Sempurna

Florence Garrett   21/08/2020 15:03

Soto Ayam Bakso ngirit
Soto Ayam Bakso ngirit

Sedang mencari inspirasi resep soto ayam bakso ngirit yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto ayam bakso ngirit yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Awalnya iseng, akhirnya nyampai juga ngobrak abrik isi kulkas tuk buat menu makan siang, krn kebetulan juga para krucil bru gk enak badan, kepikiran deh buat soto ayam dikasih bakso, dibilang ngirit soalnya isinya soto gk selengkap di warung, cuma kuah soto, suiran. Awalnya iseng, akhirnya nyampai juga ngobrak abrik isi kulkas tuk buat menu makan siang, krn kebetulan juga para krucil bru gk enak badan, kepikiran deh buat soto ayam dikasih bakso, dibilang ngirit soalnya isinya soto gk selengkap di warung, cuma kuah soto, suiran daging ayam, dan tauge serta b. Soto ayam is a yellow spicy chicken soup with lontong or nasi himpit or ketupat (all compressed rice that is then cut into small cakes) and/or vermicelli or noodles, it is from Indonesia, and popular in Singapore, Malaysia and Suriname.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam bakso ngirit, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan soto ayam bakso ngirit yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat soto ayam bakso ngirit sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Soto Ayam Bakso ngirit menggunakan 17 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Soto Ayam Bakso ngirit:
  1. Siapkan 1/4 kg ayam (cuci bersih, dan nggak harus bagian dada)
  2. Gunakan 1 ons taoge (lbh enak sih taoge yg panjang kakinya)
  3. Siapkan 4 butir jeruk nipis (diiris, untuk pelengkap)
  4. Siapkan 20 butir bakso (saya pake bakso sapi)
  5. Ambil 1 bh serai (memarkan)
  6. Gunakan 3 biji cengkih
  7. Ambil 3 lbr daun jeruk (memarkan, biar soto lbh segar)
  8. Sediakan ✴️ bumbu Halus (boleh pake bumbu jadi / instan)
  9. Ambil 10 siung bawang merah
  10. Gunakan 5 siung bawang putih
  11. Ambil 5 butir kemiri
  12. Sediakan Kunyit (dikira" aja, kurleb sepanjang 2 ruas jari, dibakar)
  13. Ambil 2 sdm ketumbar
  14. Ambil 2 lt air
  15. Ambil Minyak untuk menumis (secukupnya)
  16. Sediakan Pelengkap
  17. Sediakan Tempe goreng

Lihat juga resep Sambal Soto / Mie Ayam / Bakso enak lainnya. Soto termasuk makanan khas tanah air yang begitu digemari berbagai kalangan. Rasanya yang nikmat dengan kuah segar menjadikan makanan ini tak kalah populer seperti bakso serta mie ayam. Sejumlah daerah bahkan memiliki ragam sajian soto dengan ciri khas masing-masing.

Langkah-langkah membuat Soto Ayam Bakso ngirit:
  1. Haluskan semua bumbu halus
  2. Cuci bersih ayam
  3. Masak air mendidih, setelah mendidih masukkan taoge, gk perlu terlalu lama yg potong semua taoge terendam air mendidih, kmdn tiriskan dan siram dengan air es
  4. Tumis bumbu yg sudah di haluskan, jangan lupa masukkan pula serai, daun jeruk dan cengkih, kalau suka boleh juga di tambahkan kayu manis (saya gk pake, soalnya kelupaan gk dimasukkin), tumis hingga baunya harum kemudian masukkan ayam yg sdh di bersihkan
  5. Setelah ayam setengah matang, masukkan air kurang lebih 2 liter. Tunggu hingga mendidih.
  6. Setelah mendidih, ambil ayamnya. Dan masukkan baksonya hingga mendidih
  7. Sementara nunggu mendidih, bisa di sambil goreng ayam nya
  8. Tata nasi di dalam mangkuk, beri taoge, kasih garam dan vitsin serta suiran daging ayam goreng. Kemudian tuang dengan kuah soto yg sdh matang, beri juga baksonya. Taburi bawang goreng, dan soto siap di nikmati tambah pelengkap dgn tempe goreng makin endezzzz

Soto (also known as sroto, tauto, saoto, or coto) is a traditional Indonesian soup mainly composed of broth, meat, and vegetables. Many traditional soups are called soto, whereas foreign and Western influenced soups are called sop. Soto is sometimes considered Indonesia's national dish, as it is served from Sumatra to Papua, in a wide range of variations. Bumbu soto ayam kuah bening dan kuning sebenarnya tak banyak berbeda. Hanya penggunaan kunyit saja untuk soto ayam kuning.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Soto Ayam Bakso ngirit yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved