Resep Kue Pepe Tepung Ketan Anti Gagal

Myrtie Frank   11/08/2020 01:11

Kue Pepe Tepung Ketan
Kue Pepe Tepung Ketan

Lagi mencari inspirasi resep kue pepe tepung ketan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue pepe tepung ketan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Biasanya dipakai utk membuat penganan tradisional seperti kue pepe, selain itu juga sering digunakan untuk. Kue Sengkulun merupakan salah satu makanan tradisional yang bahan dasarnya dari tepung beras ketan putih dan di masak dengan cara di kukus. Lihat juga resep Lapis tepung ketan putih dan tepung beras enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue pepe tepung ketan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan kue pepe tepung ketan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat kue pepe tepung ketan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Kue Pepe Tepung Ketan menggunakan 8 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Kue Pepe Tepung Ketan:
  1. Sediakan 175 g Tepung Ketan
  2. Gunakan 75 g Tepung Beras
  3. Sediakan 75 g Tepung Kanji/Tapioka
  4. Ambil 900 ml santan (resep asli 400ml kara + 500ml air, me: 2 bungkus santan kara kecil + 770ml air)
  5. Sediakan 200 g gula pasir
  6. Siapkan 1/4 sdt garam
  7. Sediakan 1 bungkus vanili
  8. Siapkan sesuai selera Pewarna

Siapkan wadah, lalu masukan tepung beras ketan dengan tepung kanji ke dalam wadah tersebut. Sedangkan untuk adonan yang lainnya dibiarkan berwarna putih. Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras Ketan. Siapkan loyang dan olesi loyang tersebut dengan menggunakan minyak secukupnya.

Cara membuat Kue Pepe Tepung Ketan:
  1. Rebus air santan, gula, garam dan vanili cukup hingga berbuih, dinginkan.
  2. Panaskan panci pengukus hingga air mendidih, alasi tutup panci dengan kain agar air tdk menetes ke adonan saat dikukus, olesi loyang dengan sedikit minyak.
  3. Setelah santan dingin, campurkan dengan semua tepung yg sudah di ayak, aduk rata. Bagi adonan dan beri warna sesuai selera.
  4. Kukus perlapis selama 5 menit, ulangi hingga semua adonan habis, adonan terakhir kukus selama 10-15 mnt atau hingga matang. Tunggu hingga benar-benar dingin baru keluarkan dari loyang dan di potong.

Setelah matang dikukus, kue pepe dipotong persegi panjang dan disajikan diatas piring. Variasi kue pepe ekonomis ini ada bermacam-macam jenis, seperti kue pepe gula merah, kue pepe tepung beras, kue pepe hunkwe, kue pepe terigu, kue lapis ketan, kue lapis penganten, dll. Lapis Sagu Betawi. tepung tapioka, tepung sagu cap tani, gula pasir, santan sedang, lb daun jeruk, vanili bubuk, garam, lb daun pandan, simpulkan. Kue pepe biasanya sering disajikan dalam perayaan hari besar masyarakat Betawi. Di dalam wadah, campur tepung sagu, tepung beras, gula pasir, dan garam.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat kue pepe tepung ketan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved