Resep Sambal Bawang Ikan Cakalang, Enak Banget

Robert Long   11/08/2020 05:14

Sambal Bawang Ikan Cakalang
Sambal Bawang Ikan Cakalang

Anda sedang mencari ide resep sambal bawang ikan cakalang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal bawang ikan cakalang yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal bawang ikan cakalang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sambal bawang ikan cakalang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Tambahkan masako, saos tiram & sambal Abc (jangan lupa cicipi rasa). Masak hingga mendidih masukkan potongan ikan cakalang, masak hingga air berkurang/menyusut. Ada teman tawarkan hadiah buat ultahku, awalnya mau ngasih cake tapi aku malah pengen makan ikan, so.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sambal bawang ikan cakalang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sambal Bawang Ikan Cakalang menggunakan 13 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sambal Bawang Ikan Cakalang:
  1. Sediakan 2 ekor ikan cakalang
  2. Sediakan 6 buah asam jawa
  3. Sediakan 1 sdm kunyit bubuk
  4. Gunakan sedikit garam
  5. Gunakan 👆bahan yg dihaluskan:
  6. Ambil 7 buah cabe keriting
  7. Sediakan secukupnya terasi
  8. Ambil secukupnya gula merah
  9. Sediakan ✌bahan lainnya:
  10. Siapkan 6 siung bawang merah
  11. Sediakan minyak goreng
  12. Sediakan secukupnya garam
  13. Gunakan secukupnya gula pasir

Sebagian orang Indonesia menganggap menu makan siang atau makan malam tidak lengkap jika belum menyajikan sambal. Ikan cakalang asap atau cakalang fufu jadi bahan utama sambal ini. Suwiran ikan cakalang dengan semburat aroma asap dipadu dengan jahe, daun jeruk dan serai dan dimasak hingg matang.. Sambal ikan cakalang ini ternyata nggak butuh banyak bahan.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Bawang Ikan Cakalang:
  1. Bersihkan ikan, lalu potong2 dan balurkan dg garam, asam jawa, kunyit bubuk.
  2. Goreng ikan hingga matang
  3. Angkat dan tiriskan
  4. Uleg cabe merah keriting, terasi dan gula merah tambahkan sedikit garam. Uleg hingga halus
  5. Rajang bawang merah. Tidak perlu diuleg
  6. Panaskan minyak goreng.. sedikit lebih bayak dr tumisan biasa.. 50-100ml kira2.. tumis bawang hingga kecoklatan dan wangi
  7. Masukkan bahan yg diuleg.. tumis hingga wangi dan berkaramel.. tanda bumbu sudah tanak
  8. Masukkan ikan. Aduk rata. Beri garam dan gula pasir adum rata. Tes rasa cicipi..
  9. Selamat menikmati 😃

Dijamin jadi pelengkap yang bikin makan makin lahap. Sambal Bu Ancie membuka kesempatan. cakalang sambal ikan Search Results. memang kepalanya mirip dengan seekor ular. Suir ikan cakalang sambal dabu dabu. Mengenal Nasi Kuning Manado, Lebih Nikmat Jika Disantap dengan Ikan Cakalang Khusus di Kota Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, nasi kuningnya memiliki perbedaan dengan yang ada di daerah lain.. Ada tambahan telur bulat, sambal yang menggugah selera, juga taburan bawang dan kentang mustofa yang seukuran korek..

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambal bawang ikan cakalang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved