Resep Cakalang Sambal yang Enak Banget

Rachel Harrison   19/08/2020 16:16

Cakalang Sambal
Cakalang Sambal

Sedang mencari inspirasi resep cakalang sambal yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cakalang sambal yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Sambel ikan cakalang ala magic com enak lainnya! Sambal CUK Smoked Tuna Cakalang Tongkol by Sambal CUK. Savory taste, delicious & addictive but very spicy!

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cakalang sambal, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan cakalang sambal enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan cakalang sambal sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Cakalang Sambal memakai 11 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Cakalang Sambal:
  1. Ambil 1 ekor ikan cakalang besar, bersihkan, potong2
  2. Ambil 1 genggam mangga kering (boleh diganti asam jawa)
  3. Gunakan 1 sdt kunyit bubuk
  4. Siapkan 1 sdt garam
  5. Gunakan 2 buah tomat merah besar, potong2
  6. Ambil secukupnya garam, gula
  7. Ambil Bumbu halus:
  8. Siapkan 5 siung bawang merah
  9. Gunakan 4 siung bawang putih
  10. Siapkan 10 buah cabe keriting
  11. Ambil 10 buah cabe rawit (sesuai selera)

Cari produk Aneka Sambal lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Sampai dengan menanggung biaya kirim untuk pengembalian jika pelanggan mengganggap tidak sesuai dengan pesanan atau produk berbeda dari gambar yang ada di website Sambal Roa Bro. Sambal ikan cakalang ini ternyata nggak butuh banyak bahan.

Langkah-langkah menyiapkan Cakalang Sambal:
  1. Masak ikan bersama kunyit bubuk, garam dan mangga kering/asam hingga matang. Sisihkan ikan dan air rebusannya.
  2. Goreng ikan hingga kecoklatan.
  3. Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan tomat dan air rebusan ikan secukupnya.
  4. Tambahkan garam+gula, aduk rata. Koreksi rasa.
  5. Masukkan ikan yg sdh digoreng. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap.
  6. Semoga bermanfaat.

Dijamin jadi pelengkap yang bikin makan makin lahap. Untuk membuat sambal goreng cikalang, Anda membutuhkan beberapa bahan seperti berikut ini. Tumis kembang pepaya pahit dgn cakalang fufu. Cari produk Aneka Sambal lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Cakalang Sambal yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved