Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sambal cakalang 🌢🌢 yang Enak

Teresa Cortez   08/11/2020 02:49

Sambal cakalang 🌢🌢
Sambal cakalang 🌢🌢

Sedang mencari ide resep sambal cakalang 🌢🌢 yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal cakalang 🌢🌢 yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Sambel ikan cakalang ala magic com enak lainnya! Tadinya cuma mau bikin sambal cakalang ala samba roa gtu, tapi suamik maunya di tambahin sesuatu yg bikin seger. karna ga punya jeruk limau atau jeruk nipis, adanya cuma lemon ya udah dikasih lemon aja. dan ternyata beneran bikin seger lho, tambah enak, lebih light rasanya. Sambal Cakalang Pedes dan Enak adalah makanan siap saji ciri khas dari Manado. terbuat dari ikan cakalang (tongkol) yang sudah diasapin kemudian di goreng dan dicampur dengan bumbu cabe, bawang merah, tomat dan bumbu dapur lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal cakalang 🌢🌢, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sambal cakalang 🌢🌢 yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sambal cakalang 🌢🌢 sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sambal cakalang 🌢🌢 menggunakan 12 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sambal cakalang 🌢🌢:
  1. Sediakan 1 ekor cakalang (potong kotak-kotak dan lumuri air jeruk nipis)
  2. Siapkan Bumbu halus :
  3. Sediakan 4 siung bawang merah
  4. Ambil 2 siung bawang putih
  5. Sediakan 1 butir kemiri
  6. Siapkan 1 sdt ketumbar
  7. Siapkan 15 cabe rawit
  8. Sediakan 3 cabe merah
  9. Gunakan 1 buah tomat (sedang)
  10. Ambil Minyak goreng
  11. Sediakan Garam,merica dan penyedap rasa (sesuai selera)
  12. Gunakan 1 sdt kecap manis

Tambahkan daun jeruk, serai, dan cabai bubuk. Ikan cakalang asap atau cakalang fufu jadi bahan utama sambal ini. Suwiran ikan cakalang dengan semburat aroma asap dipadu dengan jahe, daun jeruk dan serai dan dimasak hingg matang.. Cakalang fufu can be heated or fried and directly consumed with steamed rice accompanied with dabu-dabu (Minahasan sambal), or become the ingredient of other dishes, such as mixed with potato salad, sprinkled upon noodles or tinutuan, or cooked as spicy rica-rica with chili pepper.

Cara menyiapkan Sambal cakalang 🌢🌢:
  1. Goreng ikan yang sudah dilumuri jeruk nipis setengah kering.
  2. Haluskan semua bahan.
  3. Panaskan minyak. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, kemudian beri garam,merica,penyedap rasa dan kecap.
  4. Setelah itu, masukan ikan cakalang yang sudah digoreng dan tambahkan sedikit air.
  5. Koreksi rasa. Angkat dan sajikan 😊😊

Ikan ini sering juga disebut sebagai ikan tongkol putih. Punggung ikan cakalang berwarna biru keungu-unguan dan gelap. Daerah-daerah yang Sering Mengonsumsi Tuna, Tongkol, dan. cra membuat sambal cakalang rabe. Aroma smokey dari ikan cakalang menjadi daya tarik sambal ini. Cocok sebagai cocolan saat menikmati pisang goreng.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambal cakalang 🌢🌢 yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved