Bagaimana Membuat Cilok isi ayam bumbu kacang Anti Gagal

Ann Spencer   23/10/2020 00:34

Cilok isi ayam bumbu kacang
Cilok isi ayam bumbu kacang

Sedang mencari inspirasi resep cilok isi ayam bumbu kacang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok isi ayam bumbu kacang yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok isi ayam bumbu kacang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan cilok isi ayam bumbu kacang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beraneka ragam, namun cara membuat cilok kebanyakan tak jauh beda dari cara membuat cilok kuah hingga cara Cara membuat bumbu kacang cilok. Resep Membuat Cilok Ayam Bumbu Kacang Resep sederhana dan cara membuat bisa kalian simak videonya. Mulai dari cilok isi abon ayam / sapi, cilok isi daging, cilok isi cincangan ayam, cilok udang, cilok ikan, cilok rawit pedas, cilok isi telur puyuh, cilok isi telur ayam yang Oke berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang super praktis yang layak untuk di coba.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah cilok isi ayam bumbu kacang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Cilok isi ayam bumbu kacang memakai 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Cilok isi ayam bumbu kacang:
  1. Gunakan 200 gr Tepung terigu
  2. Siapkan 200 gr Tepung tapioka
  3. Gunakan 450 ml Air
  4. Gunakan 2 siung Bawang putih
  5. Ambil 2 sachet Kaldu jamur
  6. Siapkan Daun bawang
  7. Gunakan Daging ayam yang dicincang halus, ditambah garam/kaldu jamur
  8. Siapkan Bumbu kacang
  9. Sediakan Kacang tanah, gula, cabe, daun jeruk, kecap, garam, saos tomat

Kalau pengin cilok dengan isian, kamu bisa menggunakan daging ayam giling, potongan keju, atau telur puyuh. Kepopuleran cilok bumbu kacang kini bukan hanya di kota asalnya, tetapi juga jadi favorit sebagai jajanan kaki lima di kota-kota besar. Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit.

Cara menyiapkan Cilok isi ayam bumbu kacang:
  1. Panaskan air dalam wajan sampai mendidih, masukkan bawang putih yang dihaluskan, garam, kaldu dan daun bawang yang diiris halus. Kemudian matikan api
  2. Masukkan tepung terigu sambil diaduk rata, biarkan sampai hangat cenderung dingin
  3. Masukkan tepung tapioka sambil diuleni sampai kalis
  4. Bentuk bola-bola dan diisi ayam sesuai selera. (Siapkan tepung agar tangan tidak lengket)
  5. Rebus dalam air mendidih yang diberi 1 sendok minyak goreng sampai terapung. Tiriskan

Cilok siap disajikan. cilok isi gajih dapat anda sajikan dengan bumbu kacang atau dengan saus sesuai selera anda. Rebus daun bawang,bawang putih halus,garam,merica bubuk dan royco ayam sampai mendidih. Campur semua rebusan taid dengan tepung tapioka, tepung terigu dan daging ikan. Bakso atau pentol cilok umumnya disajikan dengan sambal bumbu kacang, sedangkan membuat kreasi lanjutannya bisa di beri isi, dibakar ataupun digoreng. Di beberapa daerah seperti di Bengkulu, kuliner ini mirip dengan sate kojek dengan variasi ukuran yang lebih kecil.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cilok isi ayam bumbu kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved