Resep Tape Ketan Hijau Buttercake Anti Gagal

Delia Sanders   22/10/2020 10:09

Tape Ketan Hijau Buttercake
Tape Ketan Hijau Buttercake

Lagi mencari inspirasi resep tape ketan hijau buttercake yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tape ketan hijau buttercake yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tape ketan hijau buttercake, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan tape ketan hijau buttercake enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Resep Tape Ketan Hijau Buttercake. hallo assalamu'alaikum sobat cookpad. semoga sehat selalu yaa🙏😇 #selasabisa kali ini dlm rangka mengkaryakan si tape ketan hijau nih,baru ini saya bikin cake dari tape ketan, ternyata enak jg 😊 mau curhat sedikit, sebenernya tape ketan saya agak sedikit gagal. Tape Ketan Hijau Buttercake hallo assalamu'alaikum sobat cookpad. semoga sehat selalu yaa🙏😇 #selasabisa kali ini dlm rangka mengkaryakan si tape ketan hijau nih,baru ini saya bikin cake dari tape ketan, ternyata enak jg 😊 mau curhat sedikit, sebenernya tape ketan saya agak sedikit gagal sih😅,saya bikin hari jum'at biar bis. Ini adalah cara membuat Puding Tape Ketan Hijau yang simpel dan mudah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan tape ketan hijau buttercake sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Tape Ketan Hijau Buttercake menggunakan 12 bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Tape Ketan Hijau Buttercake:
  1. Sediakan 250 gr butter/margarin (saya mix 200gr butter+50gr margarin)
  2. Sediakan 200 gr gula pasir
  3. Gunakan 300 gr tape ketan hijau (peras airnya, haluskan dgn sendok)
  4. Siapkan 5 butir telur
  5. Ambil secukupnya pasta pandan
  6. Sediakan bahan kering : (ayak, campurkan dlm 1 wadah)
  7. Sediakan 200 gr tepung terigu
  8. Gunakan 50 gr tepung maizena
  9. Siapkan 50 gr susu bubuk
  10. Gunakan 1 1/2 sdt baking powder
  11. Ambil 1/2 sdt garam
  12. Siapkan 1/2 sdt vanilli bubuk

Saya pernah membuat cake tape ketan hijau sebelumnya, anda bisa klik linknya disini. Walau berhasil dengan baik namun rasa tape di dalamnya kurang terlalu 'nendang', mungkin karena tape ketan yang lembut dan memiliki aroma mild ini memang kurang strong kala telah bercampur dengan bahan-bahan lainnya di cake. Cara Membuat Tape Ketan Hijau Anti gatal: Cuci bersih ketan hingga benar-benar bersih. Beri selai pandan tadi lalu beri air, aduk-aduk hingga rata.

Cara menyiapkan Tape Ketan Hijau Buttercake:
  1. Panaskan oven dgn suhu160°C||olesi loyang dgn margarin dan taburi dgn tepung terigu,sisihkan
  2. Siapkan juga bahan2 lainnya
  3. Mixer butter/margarin dan gula pasir sampai pucat dan mengembang 2x lipat
  4. Masukkan tape ketan yg sudah di haluskan,mixer kembali sampai tercampur rata
  5. Masukkan telur 1 per 1 sampai tercampur dgn baik dan merata
  6. Matikan mixer,masukkan bahan2 kering yg sudah di ayak tadi,aduk menggunakan spatula dgn menggunakan metode aduk balik,aduk sampai rata tapi jangan overmix yaa
  7. Ambil sedikit adonan,tambahkan pasta pandan secukupnya
  8. Masukkan adonan ke dalam cetakan yg sudah di oles margarin dan di taburi tepung tadi,taruh adonan pandan di atasnya,kemudian ulir melingkar menggunakan spatula
  9. Panggang sekitar 55 menit/sampai matang,lakukan tes tusuk untuk memastian kematangan nya,angkat dan biarkan uap panasnya hilang
  10. Potong2 sesuai selera,sajikan,selamat mencoba 😉

Asalkan beras ketan terendam air semua). Rebus air di dalam kukusan hingga mendidih, lalu masukkan ketan yg telah di rendam dan ditiriskan. Membuat Tape Ketan Hijau yang Manis memang gampang-gampang susah, seperti itulah yang kami alami waktu pertama kali belajar membuat tape ketan. Adapun jenis tape ketan yang biasanya dikenal masyarakat yakni tape ketan putih, tape ketan hijau dan tape ketan hitam. Dimana jenis tape ketan tersebut terletak pada perbedaan warna dan bahan dasar yang digunakan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat tape ketan hijau buttercake yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved