Resep Cakalang Suwir Sambal Matah Anti Gagal

Ivan Morton   17/11/2020 11:18

Cakalang Suwir Sambal Matah
Cakalang Suwir Sambal Matah

Lagi mencari ide resep cakalang suwir sambal matah yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cakalang suwir sambal matah yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cakalang suwir sambal matah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan cakalang suwir sambal matah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Cakalang suwir sambal matah. foto: Instagram/@damayanti.agnes. Lihat juga resep Cakalang Suwir Pedas enak lainnya. TONGKOL SUWIR SAMBAH MATAH By @deviirwantari Ada di buku resep sy yang pertama MenuRumahanAlaDeviIrwantari.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cakalang suwir sambal matah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Cakalang Suwir Sambal Matah memakai 10 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Cakalang Suwir Sambal Matah:
  1. Gunakan 1 kg Cakalang asap
  2. Sediakan 7 cabe rawit
  3. Gunakan 5 siung bawang merah
  4. Sediakan 2 batang serei ambil putihnya
  5. Sediakan secukupnya Daun jeruk
  6. Ambil 2 buah tomat
  7. Siapkan Kaldu bubuk
  8. Siapkan Garam
  9. Sediakan Minyak kampung (bikin sendiri)
  10. Siapkan Jeruk nipis

Resep Ikan Tongkol Sambal Matah Khas Bali - Sambal merupakan hidangan yang sangat khas bagi masyarakat Indonesia, beragam kreasi sambal hampir selalu menghiasi menu makan sehari-hari. Masakan tumisan tongkol suwir yang sesaat sebelum penyajiannya dicampur dengan sambal iris pedas ini, merupakan kreasi dari variasi sambal matah yang enak dan sederhana untuk dicoba di rumah. Cari produk Baso & Daging Olahan Lainnya lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia.

Cara membuat Cakalang Suwir Sambal Matah:
  1. Iris bawang merah, cabe setan, tomat, daun jeruk dan serei
  2. Campur jadi satu, lumatkan pake sendok atau pake tangan (klo kuat nahan pedes) atau pake kaos tangan plastik, peras jeruk nipis, tambahkan garam, kaldu bubuk
  3. Kemudian panaskan minyak kampung, siram di sambal matah
  4. Goreng setengah mateng ikan cakalang fufu nya, angkat, masukkan ke sambal matah, dicampur, daaaaaaaaan,,, siap disantap, makan pake nasi panas, dijamin nambah teruuuussssss 🤭🤭🤭

Untuk saudara-saudara setanah air khususnya dari Manado mohon maaf atas kekurangan di atas. Jadi mohon dimaklumi atas penggantian ikan di atas supaya lebih fleksibel. Ikan cakalang biasa dimasak menjadi rica-rica. Tetapi ada juga yang dimasak menjadi tumisan suwir. Untuk menambah kelezatan ikan cakalang suwir, Anda bisa menggunakan bumbu khas Manado.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat cakalang suwir sambal matah yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved