Cara Gampang Membuat Bolu tape ketan Anti Gagal

Lucy Dawson   01/08/2020 04:03

Bolu tape ketan
Bolu tape ketan

Sedang mencari inspirasi resep bolu tape ketan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu tape ketan yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada sisa tape ketan dikulkas, pengen bikin bolu tape, lihat di Coolpad ada resep yg menarik dari Diana Az, trims ya ( baru kali ini PD ) Dapur Rifka. Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tape Ketan: Untuk membuat adonan kue, silahkan siapkan baskom dan amsukkan beberapa bahan untuk kemudian bahan in akan dikocok dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah emulsifier, gula pasir dan telur.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu tape ketan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan bolu tape ketan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan bolu tape ketan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Bolu tape ketan menggunakan 8 bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Bolu tape ketan:
  1. Siapkan 5 butir telur
  2. Gunakan 200 gram terigu
  3. Siapkan 200 gram gula pasir
  4. Sediakan 100 ml minyak goreng
  5. Ambil 1 sachet kecil santan kara
  6. Sediakan 1 sachet skm putih
  7. Gunakan secukupnya tape ketan
  8. Siapkan 1 sdt vanili

Kue kukus tape ketan siap disajikan. Ternyata tape ketan yang dicampur dalam adonan bolu rasanya enak. Seger asem tape bercampur manis dari bolu, bisa jadi alternatif lain untuk mengolah tape ketan selain dijadikan puding. Hatur nuhun kanggo Teh Endah Gandjarsari yang udah kasih resep dan juga tape ketan itemnya juga.

Cara membuat Bolu tape ketan:
  1. kocok telur dan gula mixer kecepatan tinggi sampai kental putih berjejak. turunkan speed mixer kecepatan 1 masukan terigu,vanili bergantian santan kara dan skm.terakhir masukan tape ketan yang sudah dihaluskan mixer sampai tercampur rata.matikan mixer masukan minyak goreng aduk balik dengan spatula.
  2. olesi loyang segiempat ukuran 20 x20 cm olesi margarin dan tepung.sambil dihentak2 an loyangnya kemudian masukan adonan bolu tape dan panggang di oven kurleb 30-40 menit hingga matang.

Dinbeberapa daerah, tape ketan biasanya disajikan dengan penganan lainnya saat Lebaran. Di suku Betawi, tape ketan disajikan dengan dengan uli, menjadi tape uli. Sudah lama tdk membuat bolu ketan hitam tape singkong, kebetulan bahan ada dan pas di rmh, si bungsu jg mau pulang. Tape ketan hitam dibuat dari beras ketan hitam yang difermentasikan dengan ragi, menghasilkan paduan rasa manis dan asam yang khas. Umumnya tape ketan hitam digunakan sebagai campuran dan penambah tekstur pada makanan, seperti minuman, es krim, atau makanan penutup.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat bolu tape ketan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved