Resep Cilok Ayam Bumbu Kacang yang Sempurna

Maria Pearson   06/12/2020 19:00

Cilok Ayam Bumbu Kacang
Cilok Ayam Bumbu Kacang

Lagi mencari inspirasi resep cilok ayam bumbu kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok ayam bumbu kacang yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Cara membuat bumbu cilok barbecue: Masukkan mentega dan bawang putih lalu tumis sampai wangi. Tambahkan saus kecap inggris dan saus tomat, aduk Tunggu sampai adonan mengapung sebelum diangkat dan ditiriskan. Cara membuat bumbu cilok rujak: Haluskan kacang dan cabe rawit, lalu.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok ayam bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan cilok ayam bumbu kacang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah cilok ayam bumbu kacang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cilok Ayam Bumbu Kacang memakai 16 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Cilok Ayam Bumbu Kacang:
  1. Siapkan secukupnya Daging ayam
  2. Sediakan 9 sdm tepung tapioka
  3. Siapkan 9 sdm tepung terigu
  4. Ambil 1 siung bawang putih
  5. Siapkan secukupnya Garam
  6. Siapkan secukupnya Penyedap rasa
  7. Siapkan secukupnya Lada
  8. Gunakan Daun bawang iris tipis
  9. Siapkan Bahan Saus
  10. Sediakan 2 sdm kecap bango
  11. Siapkan Sedikit kacang sangrai
  12. Siapkan 1 sdm tepung maizena yang sudah dilarutkan air
  13. Siapkan 100 ml air putih
  14. Ambil 1 siung bawang putih
  15. Siapkan secukupnya Gula merah
  16. Ambil 1 butir cabai merah

Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beraneka ragam, namun cara membuat cilok kebanyakan tak jauh beda dari cara membuat cilok kuah hingga cara Cara membuat bumbu kacang cilok. Mulai dari cilok bumbu kacang, cilok ayam atau cilok bandung. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok: Tumbuk kacang hingga halus. Tambahkan cabai, gula merah, bawang putih, air asam jawa dan garam.

Langkah-langkah membuat Cilok Ayam Bumbu Kacang:
  1. Rebus daging ayam dalam air yang sudah diberi garam, tunggu hingga 15 menit lalu tiriskan
  2. Haluskan bawang putih lalu campurkan ke dalam adonan yang berisi tepung, lada, garam, daun bawang, dan penyedap rasa, lalu aduk hingga merata dengan dicampur air sampai adonan kalis
  3. Bentuk cilok menjadi bulatan" kecil, masukan suwiran daging ayam ke dalam cilok, tutup kembali lalu bulatkan dan rebus pada air mendidih
  4. Tunggu hingga cilok mengapung (tanda sudah matang) lalu angkat dan tiriskan
  5. Untuk membuat saus, haluskan bawang putih, cabai dan kacang lalu tumis hingga harum
  6. Masukan 100ml air, gula, kecap, penyedap rasa, dan garam secukupnya lalu aduk hingga merata
  7. Masukan cilok ke dalam saus lalu aduk hingga tercampur rata dan masak selama 5 menit lalu campurkan tepung maizena, aduk lagi lalu angkat
  8. Cilok ayam siap dihidangkan 👌

Siramkan bumbu kacang secara merata di atasnya. Dijamin cilok gak bakal menempel satu dengan lainnya. Kalau pengin cilok dengan isian, kamu bisa menggunakan daging ayam giling, potongan keju, atau telur puyuh. Mulai dari cilok isi abon ayam / sapi, cilok isi daging, cilok isi cincangan ayam, cilok udang, cilok ikan, cilok rawit pedas, cilok isi telur puyuh, cilok Pada umumnya cilok kenyal ini disajikan bersama bumbu pelengkap seperti sambal kacang, saus cabai, kecap, abon pedas maupun bubuk cabai. Assalamualaikum jumpa lagi yc dimChannel Resep Bunda Tika kali ini saya akan berbagi Resep Ayam Bumbu Kacang Super.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat cilok ayam bumbu kacang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved