Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bolu Tape Kukus, Sempurna

Ruth Cunningham   17/12/2020 19:44

Bolu Tape Kukus
Bolu Tape Kukus

Lagi mencari ide resep bolu tape kukus yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu tape kukus yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Gak nyangka kalo ternyata bolu tape kukus mix keju bisa klop ban. Untuk bolu kukus tape ketan diolah menggunakan bahan-bahan, seperti gula pasir, telur, tepung terigu, dan baking powder. Nah, jika ingin bolu kukus menjadi mekar, bisa menggunakan beberapa tips ini.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu tape kukus, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan bolu tape kukus enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat bolu tape kukus yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Bolu Tape Kukus memakai 11 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Bolu Tape Kukus:
  1. Sediakan 125 g tape singkong
  2. Gunakan 1 sachet SKM putih
  3. Gunakan 1 bungkus santan kara 65ml
  4. Siapkan 7 SDM munjung tepung terigu
  5. Gunakan 1 sdt baking powder
  6. Ambil 100 g margarin (lelehkan)
  7. Ambil 50 ml minyak sayur
  8. Ambil 7 SDM gula pasir
  9. Siapkan 4 butir telur
  10. Ambil 1 sdt SP
  11. Sediakan 150 g keju parut (optional)

Resep Bolu Tape Kukus - Kue bolu Tape adalah satu dari macam kue bolu yg banyak macamnya. Untuk membedakannya ragam kue bolu ialah dilihat Biasanya bolu tape dibikin dgn cara dikukus ada pula yng dipanggang. Kalau Saya pribadi lebih senang kue bolu tape yang kukus sebab rasanya. Bolu kukus adalah menu wajib di setiap besek syukuran.

Langkah-langkah membuat Bolu Tape Kukus:
  1. Siapkan loyang diameter 22cm, oles dg margarin dan taburan tepung terigu. Siapkan jg panci pengukus dan jangan lupa untuk alasi tutupnya menggunakan serbet bersih.
  2. Campur tape singkong, SKM dan santan kara, aduk2 dan haluskan lalu sisihkan
  3. Ayak tepung terigu dan baking powder, sisihkan.
  4. Campur mentega/margarin cair dg minyak sayur, lalu sisihkan
  5. Kocok telur, gula dan SP dg speed tinggi sampai mengembang, putih dan berjejak. lalu turunkan speed, masukkan campuran tape singkong, aduk rata. Lalu masukkan campuran tepung terigu secara bertahap, aduk sampai rata. Lalu masukkan keju parut, aduk lagi sampai rata. Matikan mixer, masukkan campuran mentega/ margarin cair aduk dg spatula, dg teknik aduk balik sampai tercampur rata, dan tidak ada yg mengendap di dasar adonan.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang yg sudah disiapkan tadi, hentak2an agar tidak ada gelembung2 pd adonan. Lalu masukkan ke dalam panci kukus yg telah dipanaskan sblmnya, selama 30 menit. Tes tusuk smp tidak adonan yg menempel. Jika sudah matang, matikan kompor. jangan langsung dikeluarkan, biarkan slm 5 menit dlm keadaan tertutup dlm panci Agar kue tidak mengempes.
  7. Selamat mencoba! Sangat senang sekali jika moms mau menshare hasil recook nya ☺️👌

Kamu bisa bikin yang lebih nikmat di rumah dengan resep dan cara membuat bolu kukus Walaupun banyak dijual dipasaran, namun bolu kukus juga bisa kamu buat sendiri kok, apa lagi jika kamu buat sendiri, kamu bisa mengkreasikan. Bolu tape kukus bisa dan memang sangat nikmat untuk teman minum teh atau kopi, jadi tidak bisa dipungkiri jika kue yang satu ini memiliki banyak penggemar. Cara membuat bolu tape kukus tidak sulit kok, selain itu baik bahan diperlukan dan alatnya mudah ditemukan disekeliling kita. Bolu kukus rasa manis cokelat memang sudah biasa. Cara Membaut Bolu Tape Kukus Takaran Sendok.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan bolu tape kukus yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved