Bagaimana Membuat Sambal lemon cakalang asap yang Sempurna

Bess Luna   13/07/2020 13:34

Sambal lemon cakalang asap
Sambal lemon cakalang asap

Lagi mencari ide resep sambal lemon cakalang asap yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal lemon cakalang asap yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal lemon cakalang asap, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sambal lemon cakalang asap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Tadinya cuma mau bikin sambal cakalang ala samba roa gtu, tapi suamik maunya di tambahin sesuatu yg bikin seger. karna ga punya jeruk limau atau jeruk nipis, adanya cuma lemon ya udah dikasih lemon aja. dan ternyata beneran bikin seger lho, tambah enak, lebih. Resep Cakalang Asap Sambal Belacan Jeruk Limau yang akan kami bagikan ini memiliki citarasa khas warisan nenek moyang, dengan Sambal Belacan Jeruk Limau Cakalang asap ini makin terasa mantul di lidah dan nendang di mulut. Resep ini mulanya saya ikut suami berkunjung ke suatu pulau namanya Pulau Bawean nah disanalah saya pertama kali mencicipi Cakalang Asap Sambal Belacan Jeruk Limau ini, dan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sambal lemon cakalang asap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Sambal lemon cakalang asap memakai 10 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sambal lemon cakalang asap:
  1. Siapkan 100 gr ikan cakalang asap
  2. Gunakan 5 siung bwg putih
  3. Sediakan 7 siung bwg merah
  4. Siapkan 1 buah tomat merah
  5. Gunakan 20 buah cabe merah keriting
  6. Ambil 10 buah cabe rawit merah
  7. Siapkan 1 buah lemon
  8. Ambil Secukupnya garam, gula, kaldu bubuk
  9. Sediakan 2 lembar daun jeruk
  10. Ambil 2 lembar daun salam

Selain ikan cakalang asap, Anda juga bisa menjadikan abon cakalang sebagai oleh-oleh. Ikan cakalang asap menawarkan sensasi cita rasa khas. Dagingnya tebal dan manis, bila masih segar, akan menjadi kuliner yang lezat, sekalipun dimasak dengan bumbu sederhana. Nah, pada kesempatan ini Oke Foods akan membahas resep masakan yang menggunakan bahan makanan tersebut.

Cara membuat Sambal lemon cakalang asap:
  1. Siapkan bahan-bahan, suwir-suwir ikan cakalang asap
  2. Haluskan bamer, baput, tomat, cabe keriting, dan rawit
  3. Tumis bumbu halus dengan minyak banyak hingga harum dan berubah warna, masukkan daun jeruk dan salam. Setelah sambal tanak, masukkan cakalang suwir, aduk hingga rata.
  4. Matikan api kompor, masukkan perasan lemon dan beberapa potongan lemon. Angkat, sajikan..
  5. Masukkan ke wadah kedap udara, sambal yg matang sempurna akan awet beberapa hari walaupun di suhu ruang. Lebih lama lagi kalau dimasukkan ke lemari es.

Ya, resep ikan cakalang masak tumis tomat enak. Masakan ini sangat direkomendasikan sebagai menu makan siang maupun. Ikan cakalang asap atau cakalang fufu jadi bahan utama sambal ini. Suwiran ikan cakalang dengan semburat aroma asap dipadu dengan jahe, daun jeruk dan serai dan dimasak hingg matang.. Cakalang fufu adalah ikan cakalang yang diawetkan dengan cara diasap.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambal lemon cakalang asap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved