Resep Opor Ayam bumbu kuning spesial (komplit) Anti Gagal

Lee Cortez   19/08/2020 19:58

Opor Ayam bumbu kuning spesial (komplit)
Opor Ayam bumbu kuning spesial (komplit)

Sedang mencari inspirasi resep opor ayam bumbu kuning spesial (komplit) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam bumbu kuning spesial (komplit) yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Opor ayam adalah kuliner masakan berbahan dasar ayam yang sangat khas dari Inonesia Ayam yang digunakan untuk membuat opor ayam ini biasanya dibalur dengan bumbu kuning sehingga membuat masakan yang satu ini memiliki citra rasa yang beraneka ragam dari rempah yang khas dan gurih. cara membuat opor ayam dan resep opor ayam lebaran lengkap cara memasak opor ayam kuning lengkap bahan bumbu opor ayam tahu special yang enak dan empuk. Agar lebih komplit opor ayam juga bisa disajikan dengan tambahan kerupuk udang, kripik bawang, kripik usus, kripik bawang. Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam bumbu kuning spesial (komplit), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan opor ayam bumbu kuning spesial (komplit) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan opor ayam bumbu kuning spesial (komplit) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam bumbu kuning spesial (komplit) memakai 21 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Opor Ayam bumbu kuning spesial (komplit):
  1. Ambil 500 g Dada Ayam
  2. Ambil 1 bks Santan Instant
  3. Ambil 1 bks Penyedap Rasa
  4. Siapkan Secukupnya Air
  5. Ambil Secukupnya Minyak
  6. Gunakan Secukupnya Garam
  7. Siapkan Secukupnya Gula
  8. Sediakan 3 lbr Daun Salam
  9. Gunakan 3 lbr Daun Jeruk
  10. Siapkan Secukupnya Bawang Merah goreng
  11. Sediakan Bumbu yang dihaluskan :
  12. Gunakan 7 siung Bawang Merah
  13. Gunakan 4 siung Bawang Putih
  14. Ambil 2 ruas Kunyit
  15. Gunakan 1 ruas Jahe
  16. Ambil 1 sdm Ketumbar butir
  17. Siapkan 2 butir Kemiri
  18. Ambil 1 sdm Merica
  19. Sediakan Bumbu yg digeprek:
  20. Gunakan 2 btg Sereh ambil putihnya
  21. Sediakan 1 ruas Laos/Lengkuas

Dengan tambahan santan kental segar akan menambah. Resep Opor Ayam Kuning Spesial, Lauk Nikmat Pelengkap Nasi Gudeg. Resep opor ayam biasanya tidak berdiri sendiri. Daerah Sumatera biasanya menghidangkan opor Setelah itu, rebus ayam bersama bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam bumbu kuning spesial (komplit):
  1. Potong daging ayam bagian dada sesuai selera (me:jadi 8 bagian). Cuci bersih dan siapkan air untuk merebus dan diambil kaldu ayamnya. Setelah selesai goreng ayam hingga setengah matang,sisihkan.
  2. Siapkan bumbu yg dihaluskan lalu tumis dengan secukupnya minyak masukkan daun salam,daun jeruk, serta bumbu yg di geprek, tumis hingga harum. Tambahkan air kaldu ayam/bekas rebusan ayam tadi tunggu hingga mendidih masukkan garam,gula,penyedap rasa cicipi sesuai selera. Setelah mendidih masukkan santan instant aduk terus agar santan tidak pecah.
  3. Terakhir masukkan ayam yg di goreng setengah matang dan tunggu sampai mendidih. Jika sudah mendidih matikan kompor dan sajikan hangat².
  4. Saran penyajian : potong ketupat/lontong sesuai selera masukkan dalam mangkok kemudian tambahkan ayam yg di suwir² tabur secukupnya bawang goreng dan sambal kecap lalu siram kuah opor ayam bumbu kuning 😊 selamat mencoba,semoga bermanfaat 🙏

Resep masakan opor ayam bumbu kuning ini sudah ada sejak jaman dulu. Resep opor ayam - Kuliner berbahan ayam berkuah santan ini sangat terklenal di seluruh wilayah di indonesia, Terutama didaerah Jawa tengah dan juga Jawa Barat. Gurih alami ayam yang dikolaborasikan bumbum rempah komplit, menjadikan makanan ini jago membuat lidah kecanduan. Cara membuat opor ayam lebaran: Ayam dibersihkan dan potong-potong sesuai keinginan. Opor ayam adalah masakan yang diolah dengan bahan dasar daging ayam, santan, dan berbagai bumbu seperti kencur, serai, dan sebagainya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Opor Ayam bumbu kuning spesial (komplit) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved