Resep Bolu lapis tape ketan Anti Gagal

Lelia Bailey   23/10/2020 12:24

Bolu lapis tape ketan
Bolu lapis tape ketan

Lagi mencari inspirasi resep bolu lapis tape ketan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu lapis tape ketan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Sebagian tape ketan buatanku kemarin aku bikin jadi bolu lapis, enak empuk tapenya berasa banget. Lihat juga resep Bolu Tapai Ketan Hitam enak lainnya. Tapai (also tapay or tape), is a traditional fermented preparation of rice or other starchy foods, and is found throughout much of Southeast Asia, especially in Austronesian cultures, and parts of East Asia.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu lapis tape ketan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan bolu lapis tape ketan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan bolu lapis tape ketan sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Bolu lapis tape ketan memakai 11 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Bolu lapis tape ketan:
  1. Sediakan 5 butir telur
  2. Gunakan 100 gr terigu serbaguna
  3. Sediakan 75 gr gula pasir
  4. Gunakan 1 sdm maizena
  5. Ambil 1 sdt emulsifier (SP/ovalet)
  6. Siapkan 75 gr margarin, lelehkan
  7. Ambil 5 sdm tape ketan hijau
  8. Siapkan 2 sdm tape ketan hitam
  9. Ambil secukupnya Pewarna makanan hijau
  10. Gunakan secukupnya Hiasan : selai strawberry/buttercream/selai coklat
  11. Siapkan Gula halus untuk taburan

Tape ketan sendiri terbuat dari beras ketan hitam atau putih, yang kemudian difermentasikan. Lihat juga resep Bolu Ketan Hitam Kukus enak lainnya. Nah.resep cake ketan hitam pertama nich yang aku posting.cake ketan hitam lapis keju.pakai tepung ketan hitam jualanku ini. Hasilnya.cakenya itu ndak masir.lebih lembut dan aromanya legit ketan hitam asli.

Langkah-langkah menyiapkan Bolu lapis tape ketan:
  1. Panaskan oven 170C (sy pk otang). Olesi loyang dg margarin, lapisi kertas baking, oles margarin lagi. Bisa pake loyang lapis Surabaya, atau 3 bh loyang brownies.
  2. Mixer terigu, gula pasir, maizena, SP dan telur hingga mengembang dan putih. Matikan mixer. Masukkan margarin leleh, aduk balik dengan spatula sampai benar-benar rata.
  3. Ambil 1/3 adonan, tambahkan tape ketan hitam, aduk rata. 2/3 adonan yang lain tambahkan tape ketan hijau dan pewarna hijau. Aduk rata. Tuang dlm loyang, 2 bagian adonan hijau dan 1 bagian adonan tape ketan hitam.
  4. Oven hingga kue matang, cek dengan tes tusuk. Keluarkan dan dinginkan, setelah dingin keluarkan dari loyang.
  5. Oles bolu dg selai/buttercream, susun berlapis dengan bolu tape ketan hitam di bagian tengah. Rapikan bagian pinggirnya. Taburi atasnya dengan gula halus, hias dengan selai /buttercream sesuai selera.

Masukkan tepung terigu yang telah diayak bersama baking powder bergantian dengan soda. Satu bagian tambahkan tape ketan hijau. Satu bagian lagi tambahkan tape ketan hitam. Dinbeberapa daerah, tape ketan biasanya disajikan dengan penganan lainnya saat Lebaran. Di suku Betawi, tape ketan disajikan dengan dengan uli, menjadi tape uli.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat bolu lapis tape ketan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved