Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Ayam Spesial yang Enak

Caleb Manning   17/07/2020 10:36

Opor Ayam Spesial
Opor Ayam Spesial

Sedang mencari ide resep opor ayam spesial yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam spesial yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Opor ayam adalah kuliner masakan berbahan dasar ayam yang sangat khas dari Inonesia Ayam Itulah resep dan cara membuat opor ayam spesial yang gurih, nikmat, mudah dan paling sederhana. Opor ayam merupakan makanan yang sudah sering kita dengar. Masakan ini terbuat dari daging ayam ditambah santan dan bumbu - bumbu. Ücretsiz.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam spesial, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan opor ayam spesial yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan opor ayam spesial sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam Spesial menggunakan 26 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Opor Ayam Spesial:
  1. Ambil 3 kg paha ayam
  2. Siapkan 3 ruas lengkuas geprek
  3. Sediakan 2 ruas jahe geprek
  4. Ambil 5 batang sereh geprek
  5. Siapkan Secukupnya daun jeruk
  6. Siapkan Secukupnya daun salam
  7. Gunakan Secukupnya kecap asin
  8. Sediakan Secukupnya kecap manis
  9. Sediakan 1 sdm gula merah
  10. Ambil Secukupnya garam dan vetsin
  11. Gunakan 1 bh kelapa diparut dan peras menjadi santan
  12. Sediakan Secukupnya minyak untuk menumis
  13. Gunakan 2 liter air
  14. Siapkan 1 bh jeruk nipis
  15. Siapkan Secukupnya bawang daun
  16. Siapkan Secukupnya bawang goreng
  17. Siapkan Bumbu halus
  18. Sediakan 10 siung bawang merah
  19. Ambil 8 siung bawang putih
  20. Ambil 4 bh cabe keriting merah
  21. Siapkan 2 ruas jahe
  22. Ambil 3 ruas kunyit
  23. Ambil 2 ruas kencur
  24. Gunakan 1 1/2 sdm ketumbar
  25. Siapkan 1 sdt merica
  26. Gunakan 8 bh kemiri

Khusus daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Resep Opor Ayam Spesial, Opor Ayam adalah sajian kuliner wajib pada saat merayakan Lebaran. Dipadukan dengan menu ketupat, sambal goreng hati, semur, rendang juga kerupuk udang. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas.

Cara menyiapkan Opor Ayam Spesial:
  1. Ayam yang telah dicuci bersih, tiriskan dan perasi dengan jeruk nipis, sisihkan sambil memproses bumbu.
  2. Haluskan semua bumbu halus dan geprek smua bumbu yang harus di geprek.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan gula merah, sedikit garam dan selanjutnya masukkan bumbu yang digeprek dan daun2an.
  4. Setelah tumis bumbu hingga harum, masukkan ayam yang telah diperasi jeruk nipis kemudian aduk sampai cukup merata. Selanjutnya masukkan air.
  5. Sembari air mendidih mematangkan dan melembutkan ayam masukkan kecap manis kecap asin kemudian garam gula dan vetsin (optional, bisa diskip).
  6. Didihkan ayam hingga air berkurang separuh atau lebih. Semakin lama ayam dididihkan tentu ayam semakin lembut dan empuk ketika disantap.
  7. Langkah terakhir jika dirasa air sudah cukup mengering, masukkan santan dan aduk terus hingga sesuai dengan kekentalan yang di inginkan
  8. Angkat dan taburi dengan bawang daun yang di iris serta bawang goreng.
  9. Ini adalah porsi untuk makan 10 orang yah. 3kg ayam paha semua lebih kurang per-orangnya dapat makan 2potong paha ya. Selamat mencoba dan selamat menikmati.s

Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam (chicken cooked in coconut milk) is one of the easiest Indonesian recipes you can try at home, and very delicious. Unlike many other Indonesian dishes, opor ayam is. Resep Opor Ayam Kuning Spesial, Lauk Nikmat Pelengkap Nasi Gudeg. Dalam proses masak opor ayam, tentu yang perlu dilakukan adalah merebus ayam terlebih dahulu. cara membuat opor ayam dan resep opor ayam lebaran lengkap cara memasak opor Cara Membuat Opor Ayam - Versi Wikipedia opor ayam merupakan masakan yang.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat opor ayam spesial yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved