Resep Bolu Tape Ketan Anti Gagal

Elsie Tyler   04/07/2020 13:16

Bolu Tape Ketan
Bolu Tape Ketan

Lagi mencari inspirasi resep bolu tape ketan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu tape ketan yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu tape ketan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan bolu tape ketan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Ada sisa tape ketan dikulkas, pengen bikin bolu tape, lihat di Coolpad ada resep yg menarik dari Diana Az, trims ya ( baru kali ini PD ) Dapur Rifka. Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tape Ketan: Untuk membuat adonan kue, silahkan siapkan baskom dan amsukkan beberapa bahan untuk kemudian bahan in akan dikocok dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah emulsifier, gula pasir dan telur.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat bolu tape ketan yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Bolu Tape Ketan memakai 9 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Bolu Tape Ketan:
  1. Ambil 3 btr telur
  2. Siapkan 200 gr tepung terigu
  3. Ambil 150 gr gula pasir
  4. Siapkan 3 sdm susu bubuk dicairkan dengan air 150ml
  5. Ambil 2 sdt vanilli
  6. Siapkan 1/2 sdt sp
  7. Gunakan 1 sdt baking soda
  8. Siapkan 200 gr tape ketan (boleh lebih jika ingin lebih berasa)
  9. Gunakan 150 gr mentega dicairkan (sy pake wisman)

Kue kukus tape ketan siap disajikan. Ternyata tape ketan yang dicampur dalam adonan bolu rasanya enak. Seger asem tape bercampur manis dari bolu, bisa jadi alternatif lain untuk mengolah tape ketan selain dijadikan puding. Hatur nuhun kanggo Teh Endah Gandjarsari yang udah kasih resep dan juga tape ketan itemnya juga.

Cara menyiapkan Bolu Tape Ketan:
  1. Mixer telur, gula dan sp dengan kecepatan tinggi hingga mengembang mjd warna putih (+/- 10mnt)
  2. Masukkan tape ketan, lalu mixer sebentar dengan kecepatan rendah hingga merata
  3. Masukkan terigu, susu, vanilli, baking soda dn mentega (sudah dicairkan) dgn kecepatan rendah hingga merata.
  4. Olesi loyang dengan mentega dan panaskan oven hingga 150°C.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang, lalu panggang dengan api kecil hingga berwarna agak kecoklatan. (Tes kematangan kue dengan menusukkan lidi atau garpu, kmudian lihat apa msh ada adonan yang menempel atau tidak). Waktu yang dibutuhkan untuk memanggang nya selama 30-40 mnt.
  6. Jika ingin diberi topping, berilah topping di menit ke 5-10 pemanggangan, agar toppingnya menempel di kue dengan baik.
  7. Bolu siap dihidangkan.

Dinbeberapa daerah, tape ketan biasanya disajikan dengan penganan lainnya saat Lebaran. Di suku Betawi, tape ketan disajikan dengan dengan uli, menjadi tape uli. Sudah lama tdk membuat bolu ketan hitam tape singkong, kebetulan bahan ada dan pas di rmh, si bungsu jg mau pulang. Tape ketan hitam dibuat dari beras ketan hitam yang difermentasikan dengan ragi, menghasilkan paduan rasa manis dan asam yang khas. Umumnya tape ketan hitam digunakan sebagai campuran dan penambah tekstur pada makanan, seperti minuman, es krim, atau makanan penutup.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bolu tape ketan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved