Resep Toge Goreng, Bisa Manjain Lidah

Keith Perez   03/07/2020 22:03

Toge Goreng
Toge Goreng

Anda sedang mencari inspirasi resep toge goreng yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal toge goreng yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari toge goreng, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan toge goreng enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Tauge goreng (Indonesian for "fried bean sprouts") is an Indonesian savoury vegetarian dish made of stir-fried tauge (bean sprouts) with slices of tofu, ketupat or lontong rice cake and yellow noodles, served in a spicy oncom-based sauce. Tauge goreng is a specialty of Jakarta and Bogor city, West Java, Indonesia. It is usually sold as street food using pikulan (carrying pole) or gerobak (cart.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat toge goreng sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Toge Goreng memakai 16 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Toge Goreng:
  1. Sediakan Bahan Utama :
  2. Ambil Secukupnya tauge
  3. Ambil Secukupnya kucai
  4. Sediakan Secukupnya mie kuning
  5. Ambil Secukupnya ketupat / lontong, potong-potong
  6. Ambil Bahan Bumbu :
  7. Sediakan 7 buah cabai rawit merah (boleh ditambah jika suka pedas)
  8. Sediakan 6 buah cabai merah keriting
  9. Sediakan 4 siung bawang putih
  10. Gunakan 2 siung bawang merah
  11. Siapkan 3 sdm tauco
  12. Siapkan 2 keping gula merah (boleh kurangi jika kurang suka manis)
  13. Ambil 3 buah oncom (saya suka oncom makanya saya banyakin, boleh kurangi jika kurang suka), potong sesuai selera
  14. Siapkan Secukupnya garam, kaldu ayam bubuk, dan penyedap (jika suka)
  15. Sediakan Secukupnya minyak goreng
  16. Sediakan Secukupnya air

Penyebutan toge goreng sendiri mungkin muncul dari bumbu-bumbunya yang digoreng atau ditumis. Mungkin karena bumbu gorengnya tersebut kemudian orang-orang Bogor. Salah satu kota tujuan wisata di Indonesia ini banyak sekali memiliki tempat yang indah untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Bukan hanya tempat, kamu pun bisa menikmati banyak sekali makanan enak di Bogor.

Langkah-langkah menyiapkan Toge Goreng:
  1. Panaskan minyak. Goreng cabai dan duo bawang hingga setengah matang / sampai layu saja kemudian haluskan lalu tumis kembali. Masukkan tauco. Tumis hingga harum. Tambahkan air. Masak hingga mendidih. Masukkan gula merah. Masak hingga gula larut. Masukkan oncom, garam, kaldu ayam bubuk, dan penyedap secukupnya. Masak hingga oncom matang dan air sedikit menyusut / bumbu menjadi kental. Koreksi rasa. Angkat.
  2. Didihkan air secukupnya. Rebus tauge, kucai, dan mie kuning sebentar saja (sebaiknya tidak lebih dari 1 menit agar tauge masih terasa kres-kres 😉). Tiriskan.
  3. Tata ketupat / lontong, tauge, kucai, dan mie kuning yang telah direbus di atas piring. Siram bumbu di atasnya. Taburi bawang goreng sebagai pelengkap. Sajikan.
  4. Note : Bumbunya cukup untuk 4-5 porsi.

Kali ini, kenalan dulu sama Toge Goreng Bogor. Konon, masyarakat Bogor paling suka dengan penganan ini. Toge Goreng Mang Gebro, Cari Makan Aja (Instagram: @visitbogor) Tempat makan toge goreng di Bogor yang ini juga tidak kalah legendarisnya dengan yang sebelumnya. Masakan yang berbahan dasar mie dan taoge ini layak untuk anda cicipi ketika berkunjung ke kota Bandung. Bila anda tertarik untuk coba membuat tagoe goreng sendiri dirumah sebagai sajian istimewa bagi keluarga anda bisa ikuti bagaimana cara pembuatannya melalui resep taoge goreng pasundan berikut ini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Toge Goreng yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved