Resep Martabak telor teri sayuran, Lezat Sekali

Lewis Cross   14/12/2020 15:03

Martabak telor teri sayuran
Martabak telor teri sayuran

Lagi mencari inspirasi resep martabak telor teri sayuran yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal martabak telor teri sayuran yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Cara Membuat Martabak Telur Isi Sayuran Martabak adalah salah satu makanan ringan lezat yang disukai oleh banyak orang. Hallo Clovers, Berjumpa kembali di My Youtube Channel, apa kabar? Pada postingan video kali ini saya akan membuat Martabak Telor Sayuran.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari martabak telor teri sayuran, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan martabak telor teri sayuran yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat martabak telor teri sayuran sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Martabak telor teri sayuran menggunakan 13 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Martabak telor teri sayuran:
  1. Siapkan Bahan kulit
  2. Sediakan 8 sdm tepung terigu
  3. Sediakan 8 sdm air
  4. Siapkan Sejumput garam
  5. Siapkan Bahan isi
  6. Sediakan 3 butir telor
  7. Gunakan 1 ons teri Medan (digoreng kering)
  8. Ambil 1 buah bawang Bombay ukuran kecil (dipotong kecil2)
  9. Sediakan 1 buah wortel ukuran kecil (diparut kecil2)
  10. Sediakan Secukupnya kol (dipotong kecil2)
  11. Sediakan Secukupnya daun bawang (dipotong kecil2)
  12. Ambil Secukupnya kaldu bubuk (saya pakai Royco ayam)
  13. Gunakan Secukupnya lada bubuk

Keduanya hampir sama hanya bumbunya saja yang agak berbeda. Anda sering makan martabak tapi belum pernah nyoba bikin sendiri? Terus terang awalnya saya ngeri juga membayangkan sulitnya. Bila martabak manis dibuat dengan adonan kulit yang terasa manis denga.

Cara menyiapkan Martabak telor teri sayuran:
  1. Buat kulitnya terlebih dahulu. Campurkan tepung terigu, air dan garam sampai tidak lengket ditangan, kemudian rendam didlm minyak dan diamkan minimal 30 menit.
  2. Sementara itu bisa buat bahan isian. Campurkan semua bahan isian, test rasa.
  3. Karena teflon saya kecil, saya buat 2 kali untuk satu resep ini. Setelah didiamkan dalam minyak, ambil adonan kulit martabak dan dimelarkan dengan tangan (karena saya tidak bisa seperti Abang tukang martabak yang bikin lebar kulit martabak dengan cara dilempar2 😅).
  4. Siapkan wajan teflon dan beri minyak. Jangan terlalu sedikit juga jangan terlalu banyak. Lebih baik jangan nyalakan kompor dulu sebelum kulit ditaruh di atas wajan, karena nanti kulitnya keburu kering dan tidak bisa dilipat.
  5. Ambil adonan kulit martabak yang sudah dilebarkan dan taruh di atas wajan teflon, lalu beri isian dan lipat atas bawahnya sampai isian tertutup. Lalu nyalakan kompor dengan api kecil saja supaya bagian dalamnya juga matang sempurna (maaf tidak ke foto karena tangan saya sedang belepotan minyak 😅)
  6. Goreng sampai kecoklatan. Balik.
  7. Angkat dan tiriskan. Langsung dipotong2 juga tidak apa2. Lumayan isinya tebel dan rasanya gurih ikan teri 😋 Saya tidak buat kuahnya, cukup dimakan pakai sambal kecap saja sudah enak (kecap dicampur dengan cabe rawit dan bawang merah yg dipotong kecil2.

Biasanya saya membuat martabak telur dengan kulit lum… Omelet gulung ini berbahan dasar putih telur dengan isi sayuran. Martabak (bahasa Arab: مطبق, berarti "terlipat") merupakan sajian yang biasa ditemukan di Arab Saudi (terutama di wilayah Hijaz), Yaman, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei. Bergantung pada lokasinya, nama, dan komposisi martabak dapat bervariasi. Resep membuat martabak mini telur spesial ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan martabak telur biasa. Makanan yang satu ini memang menjadi favorit semua kalangan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Martabak telor teri sayuran yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved