Resep Soto Ayam ala Manda yang Menggugah Selera

Lillie McLaughlin   18/07/2020 13:33

Soto Ayam ala Manda
Soto Ayam ala Manda

Anda sedang mencari inspirasi resep soto ayam ala manda yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto ayam ala manda yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam ala manda, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan soto ayam ala manda enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Sedikit berbeda dengan soto lainnya, soto Ayam Lamongan ini punya ciri khas tersendiri. Lihat juga resep Soto Ayam Super Kilat enak lainnya. Soto ayam is a yellow spicy chicken soup with lontong or nasi himpit or ketupat (all compressed rice that is then cut into small cakes) and/or vermicelli or noodles, it is from Indonesia, and popular in Singapore, Malaysia and Suriname.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat soto ayam ala manda sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Soto Ayam ala Manda memakai 25 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Soto Ayam ala Manda:
  1. Sediakan 1/2 ekor ayam
  2. Sediakan 1 btg sereh, geprek
  3. Siapkan 2 cm jahe, geprek
  4. Sediakan 3 lbr daun jeruk
  5. Siapkan 4 btg seledri, iris tipis
  6. Siapkan 2 btg daun bawang, iris tipis
  7. Siapkan secukupnya gula, garam, kaldu ayam bubuk,
  8. Gunakan secukupnya bawang merah dan bawang putih goreng,
  9. Sediakan 1500 ml air (jika berkurang, bisa ditambahkan)
  10. Gunakan bumbu halus :
  11. Gunakan 10 siung bawang merah
  12. Sediakan 6 siung bawang putih
  13. Siapkan 5 btr kemiri
  14. Sediakan 3 cm kunyit
  15. Siapkan 1/2 sdt jinten bubuk
  16. Gunakan 1 sdt pala bubuk
  17. Sediakan 1 sdt lada bubuk
  18. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk
  19. Siapkan #pelengkap :
  20. Sediakan perkedel kentang (lihat resep di cookpad saya)
  21. Sediakan kerupuk
  22. Gunakan sambal dan jeruk nipis
  23. Siapkan soun
  24. Gunakan tauge rebus
  25. Sediakan telur ayam rebus

Hidangan berkuah ini biasanya ditemui di pinggir-pinggir jalan karena dijual. Yang membedakan antara soto ayam biasa dengan soto ayam lamongan adalah tambahan serbuk krupuk udang yang biasa disebut sebagai poya. Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dikarenakan oleh kunyit yang digunakan sebagai bumbu.

Langkah-langkah membuat Soto Ayam ala Manda:
  1. Langkah awal adalah, didihkan air. Lalu masukkan potongan daging ayam, sereh, jahe, dan daun jeruk. Masak hingga ayam matang dan empuk.
  2. Setelah ayam matang, goreng ayam sebentar (tidak perlu terlalu lama) angkat, dinginkan, lalu suir - suir dagingnya.
  3. Kemudian, tumis bumbu halus hingga harum dan matang agar tidak berbau langu. Sisihkan.
  4. Lalu tuangkan bumbu kedalam rebusan ayam.
  5. Masukkan suiran ayam. Tambahkan gula, garam, kaldu bubuk. Aduk hingga rata. Dan masak hingga mendidih.
  6. Terakhir, tambahkan irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.
  7. Sajikan bersama pelengkap dan nasi hangat.

Soto Ayam Megilan Khas Lamongan atau lebih dikenal dengan nama Soto Ayam Megilan adalah usaha warung makan. Soto ayam Lamongan merupakan salah satu kuliner Resep soto ayam Lamongan ini bisa Anda jadikan inspirasi untuk membuat soto yang enak. Soto ayam Lamongan yang simple ini pun menjadi sasaran saya untuk dicoba. Bumbunya sangat mudah dan dengan blender proses memasak pun menjadi lebih cepat dan ringan. resep soto lamongan jawa timur dan cara membuat soto ayam lamongan koya serta olahan Soto ayam jawa dan resep rahasia soto lamongan asli cak har kuah kental. Soto ayam yang satu ini, sudah populer di berbagai penjuru Indonesia.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan soto ayam ala manda yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved