Resep Sayur Lombok Ijo yang Sempurna

Ricky Young   30/11/2020 03:49

Sayur Lombok Ijo
Sayur Lombok Ijo

Lagi mencari ide resep sayur lombok ijo yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur lombok ijo yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Sayur lombok ijo original khas gunungkidul. Cara buat sayur cabai hijau atau jangan lombok ijo. Sayur Lombok Ijo is one of special food from Gunungkidul, Yogyakarta.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur lombok ijo, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sayur lombok ijo enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sayur lombok ijo sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Sayur Lombok Ijo menggunakan 14 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sayur Lombok Ijo:
  1. Gunakan 10 bh lombok/cabe ijo, iris serong
  2. Sediakan 1/2 papan tempe, potong dadu
  3. Gunakan 5 bh kacang panjang (sy ganti kecipir 3bh, iris serong)
  4. Ambil 2 papan pete
  5. Gunakan 500 ml santan encer
  6. Gunakan 1 sdt penuh gula merah (sisir)
  7. Gunakan Secukupnya kaldu ayam dan garam
  8. Ambil Bumbu-bumbu :
  9. Ambil 6 btr bawang merah, iris tipis
  10. Siapkan 3 btr bawang putih, iris tipis
  11. Siapkan 2 bh cabe merah keriting, iris serong
  12. Siapkan 1 sdt ebi
  13. Gunakan 1 ruas lengkuas, geprek
  14. Sediakan 2 lbr daun salam

Karena memakai paduan kaldu dan santan maka rasanya gurih enak. Mengingat produk peyek dan keripik lombok ijo belum banyak ditemui konsumen di pasaran, tidak heran bila sampai hari ini banyak konsumen yang penasaran dan ingin mencicipi olahan unik buatan. Sajikan dan nikmati hidangan sayur tempe yang khas dari tanah air. Ada hidangan sayur tempe Lombok Ijo yang khas dan adapula hidangan sayur tempe krecek yang sedap.

Langkah-langkah membuat Sayur Lombok Ijo:
  1. Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabe merah, ebi dan daun salam dgn minyak secukupnya hingga harum lalu tuangi santan, aduk rata, didihkan…
  2. Masukkan kacang panjang/kecipir, tempe dan cabe ijo, aduk rata. Bumbui dgn garam, kaldu ayam dan gula merah. Masak hingga sayuran dan cabe ijo layu, jangan lupa tes rasa.
  3. Menjelang diangkat, masukkan pete, aduk rata. Matikan api lalu angkat dan sajikan.

Kalo yang ini namanya sayur lombok ijo. Anda nggak perlu khawatir kepedasan. soalnya sarur ini ternyata gak pedas, karena biji cabainya tidak diikutkan di dalam sayur. Bukan penggemar makanan bersantan, tapi abis masak ini kok ternyata sedep juga. Ini sayur favorit suami, dan kayaknya aku bakalan doyan juga 😁. Tongkol suwir lombok ijo yang kering akan lebih tahan lama bila disimpan dan juga bisa dijadikan stok lauk dalam kulkas.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur lombok ijo yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved