Bagaimana Membuat Tim Sambal Ayam (MPASI 9m+) yang Lezat Sekali

Mabelle Carson   18/07/2020 18:23

Tim Sambal Ayam (MPASI 9m+)
Tim Sambal Ayam (MPASI 9m+)

Anda sedang mencari ide resep tim sambal ayam (mpasi 9m+) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tim sambal ayam (mpasi 9m+) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tim sambal ayam (mpasi 9m+), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan tim sambal ayam (mpasi 9m+) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Cara membuat - panaskan air - masukan ayam dan bumbu dapur - masak hingga matang - setelah matang, angkatbdan saring ayam - cincang atau potong kecil. Ayam Sambal Auntie TIM Sambal Serbaguna, mudah, senang, cepat dan sedap!! Lihat juga resep Mpasi nasi tim kukus double prohe enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan tim sambal ayam (mpasi 9m+) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Tim Sambal Ayam (MPASI 9m+) memakai 17 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Tim Sambal Ayam (MPASI 9m+):
  1. Ambil 60 gram beras
  2. Sediakan 300 ml kaldu ayam (bisa diganti dengan 150 kaldu, 150 air)
  3. Sediakan 60 gram daging ayam (haluskan)
  4. Ambil 90 santan
  5. Ambil 60 gram kentang (potong kecil)
  6. Ambil 30 gram tomat (potong kecil)
  7. Gunakan 1 lembar daun salam
  8. Siapkan 1 lembar daun jeruk
  9. Sediakan 1/2 batang sereh
  10. Ambil 1/2 ruas lengkuas
  11. Ambil 1/2 ruas jahe
  12. Gunakan 1 sdm minyak EVOO (untuk menumis)
  13. Gunakan secukupnya Garam dan gula
  14. Ambil BUMBU HALUS :
  15. Ambil 1 siung bawang merah
  16. Sediakan 1 siung bawang putih
  17. Ambil 1 butir kemiri

Salah satu hal yang membuat bingung kaum ibu adalah variasi menu MPASI untuk si kecil. Maka resep nasi tim ayam ini bisa menjadi lauk yang cocok untuk dimakan sekeluarga. Kali ini, kita modifikasi dengan tambahan tempe agar lebih bernilai. Setelah matang tata tumisan ayam dalam wadah anti panas.

Langkah-langkah menyiapkan Tim Sambal Ayam (MPASI 9m+):
  1. Masak beras dengan kaldu ayam, sampai menjadi nasi tim
  2. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas hingga harum
  3. Masukkan daging ayam, kentang, tomat dan santan, lalu aduk merata
  4. Tambahkan gula dan garam, masak sampai airnya menyusut
  5. Masukkan nasi tim dan tumisan daging ayam ke dalam wadah tahan panas, kukus selama 15 menit

Tim Ayam Sambal Matah memang menu yang tidak biasa. Gaya memasak ala oriental ini berpadu sempurna dengan sambal matah khas Bali nan pedas. Selalu gunakan ayam segar untuk sajian ini. Agar bumbu lebih mudah meresap, Ibu bisa menusuk-nusuk dagingnya dengan garpu, lumuri ayam. Finger food sendiri merupakan makanan padat berukuran kecil yang dapat dimakan sendiri oleh bayi.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan tim sambal ayam (mpasi 9m+) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved