Resep Ayam bakar madu merah dan sambal terasi, Lezat

Eric Torres   27/10/2020 08:32

Ayam bakar madu merah dan sambal terasi
Ayam bakar madu merah dan sambal terasi

Anda sedang mencari ide resep ayam bakar madu merah dan sambal terasi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bakar madu merah dan sambal terasi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam bakar madu merah dan sambal terasi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ayam bakar madu merah dan sambal terasi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

RESEP Ayam Bakar Madu Teflon ENAK & MUDAH. Ayam bakar madu dapat disajikan dengan lalapan dan sambal dan kali ini dengan sambal terasi, pasti delish delish. NB : Perlu diperhatikan, terkadang ayam yang akan dimasak masih merah dan bumbu tidak bisa menempel.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ayam bakar madu merah dan sambal terasi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Ayam bakar madu merah dan sambal terasi memakai 29 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Ayam bakar madu merah dan sambal terasi:
  1. Sediakan 1 ekor ayam (boleh pake ayam kampung) buang isi perutnya lalu belah bisa juga dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan
  2. Sediakan Bumbu ungkep Haluskan :
  3. Sediakan 4 siung bawang putih
  4. Ambil 1 ruas kunyit
  5. Gunakan 1 ruas jahe memarkan
  6. Siapkan 1 batang serai memarkan
  7. Gunakan 5 lembar daun jeruk yang dicincang
  8. Ambil 1 sdm garam
  9. Sediakan air untuk merebus ayam hingga empuk
  10. Sediakan Bumbu bakaran (untuk marinasi ayam) :
  11. Siapkan 50-60 ml kecap manis
  12. Gunakan 1 sachet saori saus tiram
  13. Sediakan 3 sdm sari kurma
  14. Gunakan 3-5 sdm madu
  15. Sediakan 50 g gula merah dicairkan (hanya jika suka sangat manis)
  16. Sediakan 4 sdm saos tomat
  17. Siapkan 5 sdm saos cabai (jika suka pedas bisa ditambahkan cabai giling/ulek)
  18. Siapkan 3 sdm minyak goreng
  19. Gunakan Sambal terasi :
  20. Sediakan 2 siung bawang putih
  21. Siapkan 5 siung bawang merah
  22. Ambil 4 buah cabe merah besar
  23. Siapkan 50 g cabe rawit (jika kurang /suka pedas bisa ditambah atau dikurangi)
  24. Sediakan 25 g gula merah
  25. Siapkan 1 sdm terasi udang
  26. Sediakan secukupnya garam
  27. Gunakan minyak untuk menggoreng
  28. Siapkan Bahan pelengkap:
  29. Ambil sesuai selera mentimun, kemangi dan kol untuk lalapan

Resep Sambal Terasi Matang, Cocolan Ikan Bakar. Jasa pemasangan plafon pvc, apc dan gypsume di kudus. Kita besok open ya guys, yuk yang mau pesen ayam bakar madu ingkung maupun potong bisa list order dlu ya👌👌bisa delivery area terdekat free ongkirKita besok. Sebenarnya, perbedaan ayam bakar tradisional dan ayam bakar madu hanya saat ayam dilumuri bumbu olesan madu dan kecap manis sebelum Sebagai saran penyajian, kamu pasti setuju kalau ayam bakar madu ini lebih nikmat disantap sambil ditemani kehadiran sambal terasi, lalapan, tahu.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam bakar madu merah dan sambal terasi:
  1. Cuci bersih ayam lalu ungkep bersama bumbu ungkep selama 30menit atau sampai ayam matang dan empuk. tiriskan
  2. Campur semua bahan marinasi, lumurkan ke ayam, lalu rendam ayam selama minimal 8jam. masukkan kedalam kulkas.
  3. Panggang ayam dengan teflon atau seng panas. saya lebih suka memanggang ayam dengan menggunakan tatakan dandang yang dialasi beberapa lembar daun pisang karena bumbu akan kembali merasuk dengan sempurna selain itu daun pisang menambah rasa dan aroma ayam. jangan menggunakan arang karena bumbu bakar akan menetes dan mengurangi rasa madu yang legit.
  4. Sambal terasi: Goreng semua bahan sampai matang,kecuali bawang putih, gula merah dan garam. blender bersama gula merah dan garam, tunggu hingga agak dingin baru tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan sebelumnya. bawang putih diberikan mentah untuk menambah aroma yang lebih menggigit dari sambal tersebut.
  5. Cuci bersih sayuran dan potong sesuai selera, hidangkan bersama ayam bakar dan sambal terasi. selamat mencoba ^_^

Resep ayam bakar yang satu ini sangat menarik. Dengan tambahan madu yang berkualitas akan menambahkan rasa yang Sajikan ayam bakar dan lalapan serta sambal Cabai merah memang tidak terlalu pedas sehingga anda harus menambahkan cabai rawit agar rasa pedasnya lebih terasa. Lihat juga resep Sambel Ayam Bakar enak lainnya. Ini aku bikin buat cocolan ayam bakar madu, ini asli ngarang jumlah cabai dan bawangnya, tapi Sambal Ayam Bakar Bumbu Rujak. Cabe Besar, Cabe Rawit, Bawang merah, Bawang putih, Tomat ukuran kecil, Kemiri, Daun jeruk, Terasi matang.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam bakar madu merah dan sambal terasi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved