Resep Sayur Lombok Ijo Anti Gagal

Harriet Harrington   10/10/2020 20:25

Sayur Lombok Ijo
Sayur Lombok Ijo

Sedang mencari ide resep sayur lombok ijo yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur lombok ijo yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur lombok ijo, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sayur lombok ijo enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Sayur lombok ijo original khas gunungkidul. Cara buat sayur cabai hijau atau jangan lombok ijo. Sayur Lombok Ijo is one of special food from Gunungkidul, Yogyakarta.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sayur lombok ijo yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur Lombok Ijo memakai 13 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sayur Lombok Ijo:
  1. Gunakan 1 papan tempe besar
  2. Siapkan 50 gram cabe hijau
  3. Ambil 50 gram cabe rawit hijau
  4. Ambil 2 batang serai
  5. Gunakan 1 ruas jari lengkuas
  6. Ambil 2 lembar daun salam
  7. Siapkan 300 ml santan kental
  8. Sediakan 200 ml air
  9. Siapkan Secukupnya gula pasir, gula merah, minyak goreng
  10. Ambil 👉 Bahan Halus :
  11. Gunakan 5 siung bawang merah
  12. Siapkan 3 siung bawang putih
  13. Ambil Secukupnya garam

Karena memakai paduan kaldu dan santan maka rasanya gurih enak. Mengingat produk peyek dan keripik lombok ijo belum banyak ditemui konsumen di pasaran, tidak heran bila sampai hari ini banyak konsumen yang penasaran dan ingin mencicipi olahan unik buatan. Sajikan dan nikmati hidangan sayur tempe yang khas dari tanah air. Ada hidangan sayur tempe Lombok Ijo yang khas dan adapula hidangan sayur tempe krecek yang sedap.

Cara menyiapkan Sayur Lombok Ijo:
  1. Siapkan bahan. Iris-iris cabe hijau dan cabe rawit hijau. Geprek lengkuas dan serai. Sisihkan.
  2. Potong dadu tempe (sesuai selera). Goreng hingga matang. Tiriskan.
  3. Ulek bawang merah, bawang putih dan garam. Lalu tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum. Masukkan lengkuas, daun salam, serai, gula merah, gula pasir dan air sedikit. Aduk rata.
  4. Tuang santan kental dan sisa air. Aduk rata sampai mendidih. Tes rasa. (Usahakan santan jangan pecah)
  5. Setelah mendidih masukkan tempe goreng dan irisan cabe. Aduk rata. Biarkan mendidih sebentar. Kemudian matikan kompor.
  6. Sayur Lombok Ijo siap dihidangkan untuk keluarga.

Kalo yang ini namanya sayur lombok ijo. Anda nggak perlu khawatir kepedasan. soalnya sarur ini ternyata gak pedas, karena biji cabainya tidak diikutkan di dalam sayur. Bukan penggemar makanan bersantan, tapi abis masak ini kok ternyata sedep juga. Ini sayur favorit suami, dan kayaknya aku bakalan doyan juga 😁. Tongkol suwir lombok ijo yang kering akan lebih tahan lama bila disimpan dan juga bisa dijadikan stok lauk dalam kulkas.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sayur Lombok Ijo yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved