Resep Sayur Lombok Ijo Khas Gunungkidul, Lezat Sekali

Allen Lee   06/09/2020 08:53

Sayur Lombok Ijo Khas Gunungkidul
Sayur Lombok Ijo Khas Gunungkidul

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur lombok ijo khas gunungkidul yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur lombok ijo khas gunungkidul yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Sayur lombok ijo original khas gunungkidul. Video ini tentang cara membuat sayur lombok ijo original khas Gunungkidul, menggunakan resep tradisional dengan bahan-bahan original tanpa micin (penyedap). Biasa juga disebut sayur lombok ijo atau jangan ndeso.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur lombok ijo khas gunungkidul, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sayur lombok ijo khas gunungkidul enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur lombok ijo khas gunungkidul yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur Lombok Ijo Khas Gunungkidul menggunakan 14 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sayur Lombok Ijo Khas Gunungkidul:
  1. Ambil 1/2 Papan Tempe
  2. Gunakan 3 Buah Tahu
  3. Siapkan 20 Buah Cabai Keriting Hijau
  4. Sediakan 4 Siung Bawang Putih
  5. Ambil 2 Buah Kemiri
  6. Siapkan 2 Buah Bawang Merah
  7. Gunakan 1/2 Sdt ketumbar
  8. Sediakan 1/4 Sdt Merica
  9. Gunakan 2 Butir Kemiri
  10. Ambil Garam
  11. Ambil Gula Merah
  12. Sediakan 2 Lembar Daun Salam
  13. Siapkan 1 Sachet Santan Kara
  14. Siapkan Minyak Goreng Untuk Menumis

Meskipun demikian jangan lombok ijo yang ada di Gunungkidul memiliki ciri khasnya sendiri. Tambahan kuah santan yang gurih pasti membuat. SBY beserta rombongan disajikan menu tradisional khas Gunungkidul seperti nasi merah, sayur lombok ijo, sayur brongkos, gudeg daun pepaya dan lauk ayam kampung, serta empal goreng. Dengan suasana santai, dan dengan pengawalan paspampres yang tidak lagi seketat saat menjabat.

Cara menyiapkan Sayur Lombok Ijo Khas Gunungkidul:
  1. Potong tempe, tahu & cabai hijau
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, garam & kemiri
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus smp wangi, masukkan daun salam. Setelah itu masukkan cabai hijau, tumis hingga layu, beri sedikit air & masukkan tempe & tahu, masak +- 5 menit. Beri santan yg sudah dicairkan, beri gula merah, masak sambil diaduk hingga matang. Sajikan

Sayur Lombok Ijo adalah olahan masakan yang khas dari kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Makanan ini memililki ciri khas kuahnya yang terbuat dari santan dan rasanya yang pedas. Sayur Lombok Ijo ini terbuat dari bahan dasar seperti santan kelapa, cabai hijau, cabai rawit, kacang. Jangan Lombok Ijo ini adalah masakan sayur berkuah santan yang dilengkapi dengan potongan cabai hijau, kacang panjang, dan tempe kedelai. Biasanya orang-orang mengkonsumsi Jangan Lombok Ijo di warung makan pinggir jalan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur lombok ijo khas gunungkidul yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved