Resep Jangan Lombok atau Sayur Lombok Anti Gagal

Caroline McGee   02/09/2020 17:12

Jangan Lombok atau Sayur Lombok
Jangan Lombok atau Sayur Lombok

Lagi mencari ide resep jangan lombok atau sayur lombok yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal jangan lombok atau sayur lombok yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Jangan Lombok Ijo sebenarnya sudah ada sejak dahulu kala. Bagi masyarakat Gunungkidul, hidangan ini sering dijadikan santapan sehari-hari dan disajikan saat kegiatan Sambatan atau gotong royong. Selain rasanya yang lezat, makanan ini juga dipercaya dapat menambah nafsu makan dan tenaga.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari jangan lombok atau sayur lombok, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan jangan lombok atau sayur lombok yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat jangan lombok atau sayur lombok yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Jangan Lombok atau Sayur Lombok menggunakan 21 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Jangan Lombok atau Sayur Lombok:
  1. Gunakan 5 bh tahu putih, potong kotak² goreng hingga kecoklatan
  2. Siapkan 1/2 papan tempe, potong kotak², goreng hingga kecoklatan
  3. Sediakan 1 ikat kacang panjang
  4. Siapkan 1 bh Kara ukuran kecil, diencerkan dgn 50 cc air
  5. Siapkan 400-500 cc Air matang
  6. Siapkan 5 bh cabe merah keriting diiris
  7. Siapkan 5 bh cabe rawit orange diiris
  8. Gunakan Bumbu Halus
  9. Siapkan 2 bh bawang putih
  10. Siapkan 4 bh bawang merah
  11. Ambil 1 sdt ketumbar
  12. Ambil 5 bh kemiri
  13. Siapkan secukupnya Garam
  14. Siapkan iris Bumbu
  15. Sediakan 2 bh bawang putih
  16. Siapkan 3 bh bawang merah
  17. Gunakan Bumbu dapur
  18. Siapkan 5 lbr daun salam
  19. Siapkan 1 bh sereh di geprek
  20. Siapkan 2 cm jahe di geprek
  21. Gunakan 3 cm lengkuas di geprek

Bahkan, banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang turut membeli kain. Indonesian tempeh Jangan Lombok Ijo, resep, asli, Indonesia, step-by-step. Asal: Wonogiri dan daerah Gunung Kidul. Jangan yang berasal dari bahasa Jawa berarti "Sayur" dalam bahasa Indonesia.

Langkah-langkah menyiapkan Jangan Lombok atau Sayur Lombok:
  1. Potong² tahu & tempe menjadi kotak² kecil, kemudian goreng hingga kecoklatan
  2. Potong² kacang panjang
  3. Bumbu halus diuleg semuanya. Bumbu yg diiris, diiris tipis², bumbu dapur di cuci & di geprek
  4. Tumis bumbu iris & cabe²an hingga harum, masukan bumbu halus & bumbu dapur. Masak hingga matang & harum. Masukan tempe & tahu, aduk². Masukan kacang panjang & tambahkan air matang kurang lebih 400 - 500 cc. Masak hingga mendidih & kacang panjang matang
  5. Setelah kacang panjang matang, masukan santan kara yg sdh diencerkan. Aduk2 jangan sampai pecah. Beri sedikit gula agar gurih. Saya tanpa MSG ya moms, boleh tambahkan kaldu bubuk sesuai selera.
  6. Setelah semuanya matang, angkat & sajikan. Step by step saya lampirkan jg ya moms. Happy tummy 😍

Jadi resep ini artinya Sayur Lombok Ijo. Jangan lupakan beberapa makanan khas Lombok yang akan MakananOlehOleh.com tampilkan berikut ini. Sayur ares adalah sayuran khas Lombok yang menggunakan bahan dasar bernama ares. Ares sendiri merujuk pada pelepah pisang atau gedebok pisang yang masih muda. Panduan Budidaya Lombok Step by Step yang Benar!

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat jangan lombok atau sayur lombok yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved