Cara Gampang Menyiapkan Soto Kudus yang Enak

Blanche Weber   07/08/2020 21:25

Soto Kudus
Soto Kudus

Sedang mencari inspirasi resep soto kudus yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto kudus yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Soto kudus Indonesia culinary specialties is derived from the Kudus City in Central Java. Soto kudus did not use beef, but chicken or Buffalo meat, or meat goats. Due to customs in the Kudus City which does not allow its people eat beef that is considered sacred.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto kudus, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan soto kudus enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan soto kudus sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Soto Kudus memakai 20 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Soto Kudus:
  1. Siapkan 1 ekor ayam kampung muda
  2. Siapkan 3 lbr Daun jeruk
  3. Sediakan 2 lbr Daun salam
  4. Gunakan 2 batang Sereh
  5. Gunakan 1 sdm Gula merah
  6. Siapkan 2 L air matang
  7. Ambil secukupnya Garam, gula dan lada
  8. Sediakan Bumbu halus :
  9. Sediakan 7 siung bawang merah
  10. Siapkan 5 siung bawang putih
  11. Ambil 5 buah kemiri
  12. Gunakan 2 cm jahe
  13. Gunakan 1 cm kunyit
  14. Gunakan 1 1/2 sdt ketumbar
  15. Ambil 1/2 sdt jinten
  16. Sediakan Pelengkap :
  17. Sediakan Bawang putih goreng
  18. Gunakan Toge, rebus sebentar
  19. Gunakan Sambal rawit rebus + kecap manis
  20. Sediakan secukupnya Daun bawang

Resep Soto Kudus Asli Paling Enak Dan Gurih - Soto kudus merupakan salah satu kuliner khas nusantara yang cukup terkenal kelezatannya. Untuk warga Jakarta, resep soto Kudus blok M merupakan salah satu yang paling sering dicoba untuk ditiru. Resep soto ayam kudus yang akan kita praktekkan cara membuatnya kali ini adalah resep soto ayam Kudus asli yang sering di masak di Jawa Timur sana, dengan. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing, termasuk suatu kota kecil di Jawa tengah ini, yakni Kudus.

Cara menyiapkan Soto Kudus:
  1. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan daun salam, daun jeruk, sereh. Masukkan gula merah dan kecap manis. Tumis hingga bumbu matang. Sisihkan
  2. Rebus ayam hingga setengah empuk, tuang bumbu tumis. Rebus ayam hingga empuk.angkat. Masukkan gula garam danlada. Tes rasa. Matikan api
  3. Goreng ayam sebentar. Suwir2 Penyajian : Dalam mangkuk, beri toge, ayam dan kuah. Taburi dgn daun bawang dan bawang putih goreng. Sajikan dgn sate pelengkAp dan sambal rawit kecap

Pada awalnya, soto khas kota kretek ini menggunakan daging kerbau sebagai bahan utama. Akan tetapi, kini daging kerbau mulai tergantikan oleh daging ayam karena teksturnya yang lebih empuk, sehingga tidak memerlukan waktu pemasakan yang lama. Soto kudus tidak memakai santan atau kunyit seperti kebanyakan jenis soto-soto lainnya di Indonesia, buat yang pernah makan pasti tahu ciri khas soto kudus ini berkuah bening. Lebih bening dari soto lamongan, lho. Penyajian soto kudus ini memiliki tradisi dihidangkan dalam mangkuk kecil untuk satu porsi lengkap.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto kudus yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved