Cara Gampang Membuat Soto Kudus, Enak

Erik Gill   02/09/2020 08:42

Soto Kudus
Soto Kudus

Anda sedang mencari inspirasi resep soto kudus yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto kudus yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Soto kudus Indonesia culinary specialties is derived from the Kudus City in Central Java. Soto kudus did not use beef, but chicken or Buffalo meat, or meat goats. Due to customs in the Kudus City which does not allow its people eat beef that is considered sacred.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto kudus, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan soto kudus enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan soto kudus sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Soto Kudus memakai 21 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Soto Kudus:
  1. Sediakan 1/2 ekor ayam
  2. Sediakan 2 cm jahe
  3. Ambil 1 btg sereh
  4. Ambil 3 lbr daun jeruk
  5. Ambil 1500 ml air (secukupnya)
  6. Siapkan 2 btg daun bawang, iris tipis
  7. Gunakan 4 btg seledri, iris tipis
  8. Ambil 2 sdm kecap manis
  9. Sediakan secukupnya gula, garam, kaldu ayam bubuk
  10. Sediakan minyak utk menumis
  11. Ambil Bumbu halus :
  12. Gunakan 9 siung bawang putih
  13. Gunakan 4 btr kemiri
  14. Siapkan 1/2 sdt ketumbar bubuk
  15. Gunakan 1/2 sdt merica bubuk
  16. Ambil Pelengkap :
  17. Gunakan kerupuk udang
  18. Ambil taoge rebus
  19. Gunakan soun
  20. Siapkan telur rebus
  21. Ambil sambal dan jeruk nipis

Resep Soto Kudus Asli Paling Enak Dan Gurih - Soto kudus merupakan salah satu kuliner khas nusantara yang cukup terkenal kelezatannya. Untuk warga Jakarta, resep soto Kudus blok M merupakan salah satu yang paling sering dicoba untuk ditiru. Resep soto ayam kudus yang akan kita praktekkan cara membuatnya kali ini adalah resep soto ayam Kudus asli yang sering di masak di Jawa Timur sana, dengan. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing, termasuk suatu kota kecil di Jawa tengah ini, yakni Kudus.

Cara membuat Soto Kudus:
  1. Pertama tama rebus air hingga mendidih. Lalu masukkan ayam, daun jeruk, sereh, dan jahe. Masak hingga ayam matang. Setelah itu angkat ayam. Dan sisihkan kuahnya. Setelah potongan ayam dingin, suir - suir daging ayam. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan kekuningan. Angkat.
  3. Tuangkan bumbu yg sudah ditumis tadi kedalam air rebusan ayam. Masak hingga mendidih. Lalu tambahkan kecap manis, gula, garam, dan kaldu ayam bubuk. Aduk rata.
  4. Terakhir, masukkan suiran ayam. Tambahkan irisian seledri, daun bawang dan taburi dengan bawang putih goreng. Masak sebentar, lalu matikan api.
  5. Sajikan bersama pelengkap

Pada awalnya, soto khas kota kretek ini menggunakan daging kerbau sebagai bahan utama. Akan tetapi, kini daging kerbau mulai tergantikan oleh daging ayam karena teksturnya yang lebih empuk, sehingga tidak memerlukan waktu pemasakan yang lama. Soto kudus tidak memakai santan atau kunyit seperti kebanyakan jenis soto-soto lainnya di Indonesia, buat yang pernah makan pasti tahu ciri khas soto kudus ini berkuah bening. Lebih bening dari soto lamongan, lho. Penyajian soto kudus ini memiliki tradisi dihidangkan dalam mangkuk kecil untuk satu porsi lengkap.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto kudus yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved