Bagaimana Menyiapkan Sambal goreng hati ayam yang Sempurna

Florence Knight   19/08/2020 11:04

Sambal goreng hati ayam
Sambal goreng hati ayam

Anda sedang mencari ide resep sambal goreng hati ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal goreng hati ayam yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal goreng hati ayam, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambal goreng hati ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Sambal hati tanpa kentang dimasak dengan cara direbus dahulu untuk menghilangkan bau amis lalu digoreng. Agar sambal goreng ati tidak amis di lidah, penting buatmu untuk menggunakan asam jawa dan gula jawa yang cukup. Sambal goreng ati puyuh ikan teri.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sambal goreng hati ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Sambal goreng hati ayam menggunakan 11 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sambal goreng hati ayam:
  1. Sediakan 5 hati + ampela ayam
  2. Siapkan 10 siung bawang merah
  3. Siapkan 5 siung bawang putih
  4. Ambil 2 buah cabe merah besar
  5. Siapkan 2 gelas kecil air putih
  6. Siapkan Garam
  7. Gunakan Gula
  8. Ambil Penyedap rasa (rec: royco sapi)
  9. Ambil Secukupnya saos sambal (rec: ekstra pedas indofood)
  10. Siapkan Secukupnya kecap manis
  11. Gunakan Secukupnya minyak goreng

Ini salah satu jenis masakan yang cukup populer di rumah tangga Indonesia terutama untuk acara khusus seperti arisan dan pesta pernikahan. Sambal hati tanpa kentang dimasak dengan cara direbus dahulu untuk menghilangkan bau amis lalu digoreng. Makan ayam goreng semakin nikmat dengan cocolan berupa sambal terasi. Terbuat dari terasi berkualitas yang merupakan fermentasi udang, sambal terasi punya cita Sambal dengan rasa pedas menendang ditambah dengan gurihnya ayam goreng, duh sungguh keduanya sulit untuk ditolak!

Langkah-langkah menyiapkan Sambal goreng hati ayam:
  1. Cuci bersih hati dan ayam ampela. Rebus hingga matang.
  2. Potong-potong 4 hati& 5 ampela sesuai ukuran yang diinginkan. Sisakan 1 hati utuh untuk dihancur leburkan bersama sedikit air. (Haluskan tapi biarkan bertekstur sedikit)
  3. Iris bawang merah, putih, dan cabai merah besar. Tumis bawang merah dan putih hingga kecoklatan.
  4. Masukan hati yang sudah dihancurkan. Kemudian masukan cabai merah besar, beri sedikit air, secukupnya saos ekstra pedas, dan garam gula serta royco sapi. Rasakan hingga pas
  5. Masukan potongan-potongan hati dan ampela. Masukan sisa air yg ada di 2 gelas kecil. Tambahkan kecap. Rasakan hingga pas.
  6. Masak hingga air mulai menyerap dan menjadi sedikit.
  7. Sajikan🙆

Sambal goreng hati jelas bukan makanan kegemaran saya, rasa hati sapi yang aneh karena kandungan zat besi yang tinggi seringkali membuat perut saya bergolak naik. Tapi makanan ini merupakan menu wajib Lebaran, mungkin bukan bagi keluarga yang lain, tapi bagi keluarga adik saya. Sambal goreng kentang merupakan lauk yang lezat dan cocok untuk berbuka. Sajian sambal goreng memang cocok dipadukan dengan bahan yang bercitarasa khas dan kuat, seperti hati ampela ayam ini. Sebelum digoreng dengan sambal, hati ampela harus direbus dulu hingga empuk dan hilang bau tak sedapnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambal goreng hati ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved