Cara Gampang Menyiapkan Sambal Goreng Hati Ayam & Tempe yang Lezat

Marcus Chavez   14/12/2020 14:41

Sambal Goreng Hati Ayam & Tempe
Sambal Goreng Hati Ayam & Tempe

Sedang mencari ide resep sambal goreng hati ayam & tempe yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal goreng hati ayam & tempe yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sambal hati tanpa kentang dimasak dengan cara direbus dahulu untuk menghilangkan bau amis lalu digoreng. Agar sambal goreng ati tidak amis di lidah, penting buatmu untuk menggunakan asam jawa dan gula jawa yang cukup. Sambal goreng ati puyuh ikan teri.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal goreng hati ayam & tempe, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sambal goreng hati ayam & tempe enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sambal goreng hati ayam & tempe yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambal Goreng Hati Ayam & Tempe menggunakan 12 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sambal Goreng Hati Ayam & Tempe:
  1. Ambil Hati Ayam
  2. Siapkan tempe daun
  3. Sediakan Bawang putih
  4. Siapkan Bawang merah
  5. Sediakan Laos
  6. Gunakan Jahe
  7. Siapkan Lombok merah besar
  8. Ambil Lombok Keriting
  9. Siapkan Kecap Manis
  10. Gunakan Garam
  11. Siapkan Penyedap Rasa
  12. Ambil Kunyit

Ini salah satu jenis masakan yang cukup populer di rumah tangga Indonesia terutama untuk acara khusus seperti arisan dan pesta pernikahan. Sambal hati tanpa kentang dimasak dengan cara direbus dahulu untuk menghilangkan bau amis lalu digoreng. Makan ayam goreng semakin nikmat dengan cocolan berupa sambal terasi. Terbuat dari terasi berkualitas yang merupakan fermentasi udang, sambal terasi punya cita Sambal dengan rasa pedas menendang ditambah dengan gurihnya ayam goreng, duh sungguh keduanya sulit untuk ditolak!

Langkah-langkah membuat Sambal Goreng Hati Ayam & Tempe:
  1. Bersihkan hati ayam, lalu rebus dengan air diberi garam, penyedap rasa, dan kunyit.
  2. Siapkan semua bumbu, lalu diulek sampai halus
  3. Setrlah direbus, goreng hati ayam & tempe td setengah masak. Angkat lalu tiriskan.
  4. Panaskan minyak, oseng bumbu hingga harum, tambahkan kecap. Masukan hati ayam & tempe tadi. Tnggu sampai meresap, matikan kompor.
  5. Selesai, selamat mencoba

Sambal goreng hati jelas bukan makanan kegemaran saya, rasa hati sapi yang aneh karena kandungan zat besi yang tinggi seringkali membuat perut saya bergolak naik. Tapi makanan ini merupakan menu wajib Lebaran, mungkin bukan bagi keluarga yang lain, tapi bagi keluarga adik saya. Sambal goreng kentang merupakan lauk yang lezat dan cocok untuk berbuka. Sajian sambal goreng memang cocok dipadukan dengan bahan yang bercitarasa khas dan kuat, seperti hati ampela ayam ini. Sebelum digoreng dengan sambal, hati ampela harus direbus dulu hingga empuk dan hilang bau tak sedapnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambal goreng hati ayam & tempe yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved