Langkah Mudah untuk Membuat Sayur Kunci Bayam, Bisa Manjain Lidah

Oscar Herrera   13/07/2020 03:58

Sayur Kunci Bayam
Sayur Kunci Bayam

Lagi mencari ide resep sayur kunci bayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur kunci bayam yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur kunci bayam, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sayur kunci bayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Kalau di kota saya ini namanya jangan bening/kunci. Kalau dikota kalian sebutanya apa ? Sayur bayem kunci muda dan bergizi.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sayur kunci bayam sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Sayur Kunci Bayam memakai 10 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sayur Kunci Bayam:
  1. Sediakan 1 buah labusiam
  2. Gunakan 1 ikat bayam
  3. Siapkan 1 buah jagung muda
  4. Sediakan 4 siung bawang merah
  5. Gunakan 2 siung bawang putih
  6. Siapkan 3 ruas temu kunci
  7. Gunakan Secukupnya garam
  8. Gunakan Secukupnya gula pasir
  9. Sediakan Secukupnya lada putih
  10. Gunakan Secukupnya kaldu bubuk

Ingin kuat layaknya badan si Popeye? Seperti, vitamin A, zat folat, flavonoid, dan pencegah kanker. Rasa dari sayur bayam pun tidak pahit dan nikmat dimakan sebagai menu utama. Selain bayam, hidangan ini juga dilengkapi dengan jagung dan tomat.

Cara menyiapkan Sayur Kunci Bayam:
  1. Cuci bayam, labusiam yang sudah dipotong-potong (sudah dibersihkan juga getahnya) dan juga jagung muda (kemudian diserut pakai pisau/dipotong biasa juga ga masalah)
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan air ubtuk kuah hingga mendidih.
  3. Geprek temu kunci, masukkan ke dalam kuah.
  4. Masukkan jagung muda, lalu labusiam, dan yang terakhir bayam.
  5. Masukkan garam, lada, kaldu ayam, dan gula. Jangan lupa tes rasa terlebih dahulu.
  6. Siap dihidangkan.

Anda hanya perlu merebus Kuah beningnya membuat sayur ini terasa segar ketika disantap. Ini dia menu rumahan yang selalu ada, Sayur Bening Bayam. Tambahkan wortel dan jagung manis pipil sebagai variasi. Jangan lupa juga tambahkan temu kunci agar rasanya lebih terangkat. Sayur bening bayam juga kaya akan gizi.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur kunci bayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved