Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sambal Goreng Ati Ayam Betawi yang Lezat

Harvey Wilkins   03/07/2020 21:09

Sambal Goreng Ati Ayam Betawi
Sambal Goreng Ati Ayam Betawi

Sedang mencari ide resep sambal goreng ati ayam betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal goreng ati ayam betawi yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Sambal goreng ati khas Betawi. foto: cookpad. JANGAN LUPA LIKE, SHARE & SUBCRIBE menu sambal ati goreng kentang sangat banyak diminati. terutama ketika lebaran tapi tidak salah untuk mencoba dihidangkan. JAKARTA,KOMPAS.com - Selain opor ayam, sambal goreng sambal ati juga cocok dinikmati bersama ketupat saat Lebaran.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal goreng ati ayam betawi, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sambal goreng ati ayam betawi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sambal goreng ati ayam betawi yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal Goreng Ati Ayam Betawi memakai 20 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sambal Goreng Ati Ayam Betawi:
  1. Ambil 5 pasang ati ampela ayam rebus
  2. Siapkan Bumbu halus:
  3. Gunakan 10 buah cabai merah keriting, buang biji
  4. Siapkan 3 buah cabe rawit merah (optional)
  5. Ambil 4 buah kemiri ukuran besar
  6. Ambil 5 siung bawang putih
  7. Sediakan 1 sdt lada butir
  8. Ambil 1/2 sdt pala
  9. Sediakan Bumbu rajang:
  10. Ambil 3 siung bawang merah rajang halus
  11. Gunakan 1 batang serai rajang halus
  12. Gunakan 2 lembar daun salam
  13. Siapkan 3 cm irisan lengkuas, geprek
  14. Siapkan 1 lembar daun jeruk
  15. Gunakan 1/2 gelondong gula merah
  16. Siapkan 1 sdm kecap manis
  17. Gunakan 1/2 bungkus santan kara ukuran kecil
  18. Gunakan sesuai selera Garam,kaldu bubuk
  19. Gunakan Minyak untuk menumis
  20. Ambil Air

Agar hati ayam tak anyir bisa direbus dulu dan jika ingin sedikit. Teman-teman bisa menggunakan ati ampela ayam atau resep sambal goreng kentang ati sapi. SAMBAL GORENG KENTANG ~Jika anda pergi dalam suatu acara syukuran atau di desa disebut dengan slametan, maka anda akan Biasanya ada sambal goreng juga di masak bersama ati ampela dan pete. Sebelum kita membahas lebih tentang sambal goreng.

Langkah-langkah membuat Sambal Goreng Ati Ayam Betawi:
  1. Panaskan minyak, lalu tumis bawang merah sampai matang dan harum. Masukan serai, tumis lagi sampai harum.
  2. Setelah itu masukan bumbu halus, salam, lengkuas daun jeruk, aduk lalu beri sedikit air, masak sampai air menyusut. Lalu masukan ati ampela, aduk2, beri air kurleb 1,5 gelas belimbing (sampai ati ampela terendam), masak sampai air menyusut setengahnya.
  3. Beri garam, kaldu bubuk sesuai selera (jgn terlalu banyak dulu). Aduk. Setelah air berkurang, masukan santan, aduk2. Lalu masukan gula merah dan kecap. Aduk lagi dg api sedang. Masak sampai air meresap, koreksi rasa.
  4. Jika sudah meresap (kental) dan rasa sudah pas, matikan api dan siap disajikan.

Sajian sambal goreng memang cocok dipadukan dengan bahan yang bercitarasa khas dan kuat, seperti hati ampela ayam ini. Sebelum digoreng dengan sambal, hati ampela harus direbus dulu hingga empuk dan hilang bau tak sedapnya. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Cara Membuat Sambal Goreng Ati Ayam. Siapkan terlebih dahulu semua alat dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat sambal goreng ati ayam.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sambal goreng ati ayam betawi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved