Cara Gampang Membuat Baso Aci Daging, Enak Banget

Derek Saunders   22/10/2020 14:35

Baso Aci Daging
Baso Aci Daging

Sedang mencari inspirasi resep baso aci daging yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal baso aci daging yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari baso aci daging, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan baso aci daging yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Tentunya sajian bakso aci ini tak kalah nikmat dibanding bakso daging. Makanan sederhana dan nikmat ini bisa kamu buat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan pun mudah diperoleh.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah baso aci daging yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Baso Aci Daging memakai 18 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Baso Aci Daging:
  1. Siapkan Adonan baso:
  2. Sediakan 100 gram tepung sagu
  3. Gunakan 200 gram tepung terigu
  4. Sediakan 2 siung bawang putih
  5. Siapkan secukupnya Garam
  6. Gunakan secukupnya Lada
  7. Ambil secukupnya Royco sapi
  8. Sediakan 1 batang daun bawang
  9. Sediakan secukupnya Daging sapi
  10. Ambil 250 ml Air panas
  11. Sediakan Kuah:
  12. Ambil 500 ml Air
  13. Sediakan 5 siung bawang merah
  14. Ambil 3 siung bawang putih
  15. Siapkan sesuai selera Cabe merah
  16. Sediakan secukupnya Royco
  17. Sediakan secukupnya Lada
  18. Ambil secukupnya Garam

Nah, makanan viral yang satu ini banyak banget mereknya. Salah satu ayang pernah aku coba adalah Baso Aci Mantan. Dari namanya, ku langsung penasaran sih, kira-kira kata "mantan" tersebut menggambarkan apa ya? Meskipun masih berusia batita, cabang Baso Aci Mantan sudah banyak lho.

Langkah-langkah membuat Baso Aci Daging:
  1. Cincang daging sapi sampai halus. Bawang putih dan daun bawang di haluskan
  2. Campur semua bahan adonan lalu aduk sampai rata. Kemudian masukkan air panas sedikit demi sedikit lalu aduk sampai rata
  3. Bulat2kan adonan lalu masukkan di tengah2 adonan daging yang tadi sudah dicincang lalu langsung masukkan ke air yang mendidih
  4. Tunggu bulatan baso tadi sampe naik keatas berarti tandanya baso sudah matang dan siap di angkat
  5. Untuk kuahnya, haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe merah
  6. Setelah bumbu untuk kuah sudah dihaluskan lalu tumis sampai harus dan matang
  7. Masukkan air ke dalam panci kecil lalu masukkan bumbu yang tadi sudah di tumis. Setelah itu masukkan royco, garam dan lada
  8. Setelah mendidih, masukkan baso yang tadi sudah matang lalu tunggu mendidih lagi
  9. Baso aci daging siap dihidangkan

Mulai dari wilayah Bekasi, Depok bahkan kabarnya. Umumnya, bakso identik berbahan dasar daging dan tepung kanji agar menghasilkan tekstur lembut. Tapi berbeda dengan bakso aci, tidak ada campuran daging dalam proses pembuatannya, sehingga sensasinya saat dimakan jadi kenyal. Solusi Malas Gerak (Mager) Baso Aci yang dalam penyajiannya biasa dibarengi dengan cuanki, tahu dan sukro cikur (kencur) ini, sudah lama ada dan merupakan makanan khas asal kota Garut, Jawa Barat. Enaknya Kuah Cilok Baso/Bakso Aci - Kuah Seblak - Kaldu Ceker dan Daging Tetelan Bikin Nagih.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Baso Aci Daging yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved