Resep Kue Bikang Cungkil yang Sempurna

Eugenia Stephens   17/07/2020 00:13

Kue Bikang Cungkil
Kue Bikang Cungkil

Lagi mencari ide resep kue bikang cungkil yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue bikang cungkil yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue bikang cungkil, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan kue bikang cungkil yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat kue bikang cungkil yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue Bikang Cungkil menggunakan 13 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Kue Bikang Cungkil:
  1. Sediakan 📝 Bahan
  2. Gunakan 12 SDM peres Tepung Beras
  3. Ambil 12 SDM peres Tepung Terigu
  4. Ambil 1 SDM penuh Tepung Tapioka
  5. Siapkan 40 gram Santan Kara (Serbuk)
  6. Ambil 12 SDM Gula Putih
  7. Siapkan Sepucuk SDT Garam
  8. Gunakan 300 mil air, u/ merebus Santan
  9. Siapkan 1 Lembar Daun Pandan
  10. Gunakan 2 tetes Vanili cair
  11. Gunakan 📝 Pelengkap
  12. Gunakan Pewarna Merah pekat
  13. Ambil Coklat Bubuk
Langkah-langkah membuat Kue Bikang Cungkil:
  1. Rebus Santan hingga mendidih, tambahkan Gula dan Garam, simpulkan Daun Pandan, aduk-aduk jangan sampai pecah. Sisihkan 50 mil..
  2. Ayak semua tepung, campur hingga rata.
  3. Tuang santan hangat kuku, atau kondisi masih panas pada tepung secara bertahap, aduk rata hingga tidak bergerindil, (Saya Saring untuk menghasilkan adonan yg lembut)
  4. Aduk dgn wish 10 menit, (untuk menghasilkan Serat dlm adonan), Saya cukup mengaduk dg garpu searah Jam.. Kemudian diamkan selama 30 menit, setelah 30 menit ambil 2 wadah kecil untuk ditambahkan warna sesuai selera.
  5. Cetak di api Keci, kondisi panas, masukkan hampir penuh adonan, beri adonan pewarna sesuai selera, tunggu hingga mendidih dan terlihat berlubang-lubang, tutup sebentar setelah Kue dlm cetakan terlihat mengering, siram dgn sedikit santan sampai kedalam, supaya Kue Lembut, tunggu hingga meresap. - (lihat resep)
  6. Cungkil dg kayu bambu yg ditipiskan, Saya memakai tangkai sendok yg tipis dan lebar.
  7. Siap dinikmati, kondisi hangat lebih Yummy. Selamat Mencoba 👌 Terimakasih 👍

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue bikang cungkil yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved