Langkah Mudah untuk Membuat Sambal ati ampela ayam yang Enak Banget

Leon Tate   11/08/2020 09:26

Sambal ati ampela ayam
Sambal ati ampela ayam

Lagi mencari ide resep sambal ati ampela ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal ati ampela ayam yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal ati ampela ayam, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sambal ati ampela ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Sambal goreng Ati Ampela Kentang enak lainnya. Hari ini Ningti akan membuat resep masakan seha. JAKARTA,KOMPAS.com - Selain opor ayam, sambal goreng sambal ati juga cocok dinikmati bersama ketupat saat Lebaran.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal ati ampela ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal ati ampela ayam menggunakan 10 bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sambal ati ampela ayam:
  1. Gunakan 4 buah ati ayam (rebus)
  2. Siapkan 20 biji cabe rawit(halus)
  3. Siapkan 1 sdm cabe keriting halus
  4. Siapkan 1 bks penyedap(masako)
  5. Ambil 1/2 sdt gula
  6. Siapkan 2 buah jeruk limau
  7. Gunakan 1/2 ruas kunyit
  8. Sediakan 2 buah bawang merah
  9. Gunakan 2 buah bawang putih
  10. Ambil 2 lmbr daun salam

COM - Selain opor ayam, sambal goreng sambal ati juga cocok dinikmati bersama ketupat saat Lebaran. Bahan untuk membuat sambal goreng cukup sederhana seperti hati dan ampela ayam, cabai, sedikit santan. Sajian sambal goreng memang cocok dipadukan dengan bahan yang bercitarasa khas dan kuat, seperti hati ampela ayam ini. Sebelum digoreng dengan sambal, hati ampela harus direbus dulu hingga empuk dan hilang bau tak sedapnya.

Langkah-langkah membuat Sambal ati ampela ayam:
  1. Potong2 ati ayam yg telah direbus lalu sisihkan
  2. Goreng bawang putih dan merah kemudian masukan cabe halus tunggu sampai berubah merah gelap lalu masukan potongan2 ati ayam masukan bumbu kasi sedikit air tunggu mendidih dan terlihat agak kering angkat dan sajikan

Sambal goreng ati ampela seakan sudah menjadi tradisi yang turun temurun bagi masyarakat Jawa dan sekitarnya. Paduan kentang yang empuk dan hati ayam yang gurih bikin sambal goreng ini makin enak. Sambal goreng kentang ati ini biasanya jadi pelengkap lontong opor atau ketupat lebaran. Sambal goreng ati ampela nanas. foto: Instagram/@myqueen.kitchen. Sambal goreng kentang & hati ampela ayam.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambal ati ampela ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved