Bagaimana Menyiapkan Urap lembayung kacang panjang yang Lezat

Ann Lynch   07/12/2020 17:41

Urap lembayung kacang panjang
Urap lembayung kacang panjang

Lagi mencari inspirasi resep urap lembayung kacang panjang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal urap lembayung kacang panjang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Daun Lembayung atau juga daun kacang panjang banyak dimanfaatkan oleh ibu-ibu untuk sayur baik dijadikan sayur bobor, urap, sayur bening, sayur asam, pecel. Kacang panjang sering kali dimasak untuk sayur atau dijadikan lalapan oleh masyarakat Indonesia. Tanaman ini tumbuh dengan cara memanjat atau melilit.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari urap lembayung kacang panjang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan urap lembayung kacang panjang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat urap lembayung kacang panjang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Urap lembayung kacang panjang menggunakan 13 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Urap lembayung kacang panjang:
  1. Siapkan 1 ikat lembayung
  2. Siapkan 1 ikat kacang panjang
  3. Sediakan Kelapa parut setengah buah setengah tua
  4. Siapkan Bumbu halus
  5. Sediakan 3 bawang merah
  6. Sediakan 4 bawang putih
  7. Sediakan 10 cabe rawit
  8. Ambil 7 cabe merah
  9. Siapkan 1 ruas kencur
  10. Gunakan 1 ruas kunyit
  11. Gunakan Terasi
  12. Gunakan Garam
  13. Gunakan Gula pasir

Namun, pernahkah Anda membuat menu makanan menggunakan daun kacang panjang atau lembayung? Tidak hanya kacang panjangnya, tapi daunnya juga menyimpan banyak. Sebaiknya pilih lembayung muda untuk dijadikan olahan bobor. Lihat juga resep Anyang/ Urap Kacang Panjang Toge enak lainnya.

Cara menyiapkan Urap lembayung kacang panjang:
  1. Petik daun lembayung, cuci bersih. Rebus sampai layu. Tiriskan. Peras daunnya kemudian diiris iris. Rebus juga kacang panjang yang sudah dipotong2.
  2. Haluskan bumbu. Campur dengan kelapa parut kemudian dikukus bersamaan agaslr tidak cepat basi.
  3. Sajikan sayur yang sudah direbus dengan sambel urapan yang telah dikukus. Siap dimakan.

Urap merupakan makanan tradisional yang terdiri dari sayur-sayuran yang kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa yang sudah diberi bumbu sebelumnya. Karena dicampur dengan kelapa, membuat urap menjadi gurih rasanya. Cara membuatnya pun tak susah karena dapat dibuat. Sayu bobor daun kacang panjang atau lembayung merupakan sayur khas yang berasal dari Jawa Tengah. Sayur yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan gurih.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat urap lembayung kacang panjang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved