Resep Sambel Terasi, Sempurna

Bobby Larson   03/07/2020 19:33

Sambel Terasi
Sambel Terasi

Sedang mencari ide resep sambel terasi yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambel terasi yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambel terasi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sambel terasi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sambel terasi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Sambel Terasi menggunakan 9 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sambel Terasi:
  1. Siapkan cabe merah keriting
  2. Ambil bawang merah
  3. Ambil bawang putih
  4. Siapkan tomat
  5. Sediakan terasi udang abc (atau terasi apa aja)
  6. Sediakan kemiri
  7. Siapkan gula jawa
  8. Gunakan garam dan penyedap rasa
  9. Ambil jeruk limau
Langkah-langkah membuat Sambel Terasi:
  1. Cuci bersih semua cabe, bawang2, dan tomat. Kemudian potong menjadi 2 terlebih dahulu agar saat digoreng tidak meledak2
  2. Siapkan wajan tuang secukupnya minyak. Goreng cabe, bawang2an, tomat, kemiri
  3. Jika sudah setengah matang, masukkan terasi goreng sebentar. Jika dirasa sudah matang matikan kompor
  4. Siapkan cobek, uleg bawang2an dan kemiri terlebih dahulu. Setelah itu cabe, terasi dan gula jawa. Beri gula, garam dan penyedap rasa. Terakhir uleg tomat
  5. Beri kucuran jeruk limau. Sambel terasi lamongan special siap dihidangkan :)

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sambel Terasi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved