Cara Gampang Menyiapkan Sayur asem daun lembayung yang Bikin Ngiler

Maurice Jordan   09/08/2020 11:29

Sayur asem daun lembayung
Sayur asem daun lembayung

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem daun lembayung yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem daun lembayung yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sayu bobor daun kacang panjang atau lembayung merupakan sayur khas yang berasal dari Jawa Tengah. Sayur yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan gurih. Rasanya yang khas berasal dari kencur, sedangkan rasa gurih yang dihasilkan berasal dari kuah santan yang melengkapinya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem daun lembayung, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sayur asem daun lembayung yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur asem daun lembayung yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur asem daun lembayung menggunakan 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sayur asem daun lembayung:
  1. Gunakan Daun lembayung
  2. Sediakan Kacang beras yang muda
  3. Ambil 3 siung Bawang merah
  4. Siapkan 2 siung Bawang putih
  5. Sediakan 2 buah Asem
  6. Ambil 3 ruas Laos
  7. Siapkan secukupnya Air
  8. Gunakan 2 sdm Gula
  9. Sediakan 1 sdm Garam

Kata Ibu nya Mbok Nah Jujur aja nih, ini pertama kali Mbok Nah masak dan makan daun lembayung. Karena Mbok Nah suka makan sayur, jadi sayur apapun ya enak. Sayur Lembayung adalah sayuran dari daun Kacang Panjang yang memiliki tekstur yang kasar. Kalo orang Jawa nyebutnya "Godhong mBayung".

Cara menyiapkan Sayur asem daun lembayung:
  1. Cuci daun lembayung dan kacang
  2. Didihkan air..masukkan bawang merah dan bawang putih yg sudah di iris tipis, dan laos geprek
  3. Jika sudah harum masukkan daun lembayung, kacang, dan asem
  4. Tambahkan gula dan garam..cek rasa
  5. Jika sudah oke matikan api dan siap dihidangkan

Dulu sewaktu saya masih kecil Ibu di rumah biasa masak itu menjadi masakan Sayur Lembayung (Jangan mBayung - Jawa). Resep Sayur Asem - Sayur asem merupakan salah satu sayur yang mudah dimasak dan dihidangkan dalam waktu kapan saja. Selain mudah dimasak, bahan-bahan dari resep sayur asem cukup mudah didapat dan tidak membutuhkan uang yang mahal-mahal. Lihat juga resep Sayur Lembayung enak lainnya. daun lembayung, daging has dalam, bawang merah, bawang putih, cabe hijau atau sesuai selera, daun salam, lengkuas digeprek, ketumbar bubuk. Bahan: Daun lembayung Kacang panjang Bumbu halus:Cabe merah bsr Cabe rawit Bawang merah Bawang putih.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sayur asem daun lembayung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved