Cara Gampang Membuat Kolak Jongkong Lapis yang Menggugah Selera

Landon Page   01/08/2020 12:03

Kolak Jongkong Lapis
Kolak Jongkong Lapis

Lagi mencari ide resep kolak jongkong lapis yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kolak jongkong lapis yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kolak jongkong lapis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan kolak jongkong lapis yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat kolak jongkong lapis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Kolak Jongkong Lapis menggunakan 25 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Kolak Jongkong Lapis:
  1. Siapkan Jongkong Lapis Ijo
  2. Sediakan Tepung Beras (saya pakai Rose Brand)
  3. Siapkan Tepung Sagu
  4. Siapkan Garam
  5. Ambil Daun Pandan
  6. Siapkan Daun Suji
  7. Sediakan Santan Kara (65 ml)
  8. Gunakan Air untuk blender daun pandan dan suji
  9. Siapkan Air
  10. Gunakan Jongkong Lapis Putih
  11. Gunakan Tepung Beras
  12. Siapkan Tepung Sagu
  13. Siapkan Garam
  14. Gunakan Santan Kara (65 ml)
  15. Gunakan Air
  16. Ambil daun Pandan (ikat)
  17. Siapkan Santan
  18. Sediakan Santan Kara (65ml)
  19. Sediakan air
  20. Sediakan Garam
  21. Ambil Pandan (ikat)
  22. Gunakan Kinca
  23. Ambil Gula merah
  24. Gunakan Air
  25. Siapkan Pandan (ikat)
Cara membuat Kolak Jongkong Lapis:
  1. Blender Daun Pandan dan suji dgn 200 ml air. Kemudian saring, agar serat2 daun tidak ikut tercampur. Didihkan air suji dan pandan yg telah disaring tsb. Kemudian dinginkan. Setelah dingin masukan santan dan tambahkan 200 ml air putih. Aduk sampai tercampur. Untuk step ini jika ibu2 tidak punya daun pandan/suji bisa memakai pewarna pasta pandan untuk makanan ya.
  2. Campurkan Tepung Beras, Tepung Sagu dan garam di panci, tuangkan larutan air (suji pandan santan) ke dalam panci. Masak dan aduk cepat hingga meletup2 dan menggumpal. Setelah menggumpal, angkat dan ratakan di dalam wadah. Saya pakai tupperware yg bentuk persegi panjang. Diamkan sampai dingin dan adonan agak keras (membentuk)
  3. Lapisan Putihnya : Campurkan Tepung Beras, Tepung Sagu, garam, daun pandan tambahkan larutan santan yang sudah ditambah air 200 ml. Masak dan aduk cepat sampai meletup2 dan adonan menggumpal.
  4. Kemudian masukan ke dalam wadah yg tdi sudah ada adonan hijau nya (yg sudah dingin). Ratakan diatasnya. Diamkan sampai dingin.
  5. Santan : Didihkan santan kara kecil dan 75 ml air tambahkan garam dan daun pandan. Aduk2 sampai mendidih. Angkat dan pisahkan.
  6. Kinca : Didihkan Air 250 ml dengan gula merah 200 gr tambahkan daun pandan. Aduk merata sampai mendidih. Saya tambahkan sedikit jahe. (Bisa dgnti dgn nangka, atau jika tidak suka jahe/nangka jga tdak usah dtmbahkan)
  7. Potong2 kotak Jongkong Lapis yg sudah mengeras. Siram dengan Saus Kinca dan Santan. Bisa disajikan hangat atw pakai es juga nikmat.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kolak jongkong lapis yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved