Langkah Mudah untuk Membuat Soto bandung (tanpa kedelai), Enak Banget

Roy Gilbert   09/08/2020 06:02

Soto bandung (tanpa kedelai)
Soto bandung (tanpa kedelai)

Anda sedang mencari inspirasi resep soto bandung (tanpa kedelai) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto bandung (tanpa kedelai) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto bandung (tanpa kedelai), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan soto bandung (tanpa kedelai) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Soto Bandung adalah soto khas Bandung, Jawa Barat. Sepintas, soto yang berbahan dasar daging sapi (biasanya bagian tetelan atau has dalam) ini hampir sama dengan jenis soto yang lain, tetapi yang membuatnya berbeda adalah adanya tambahan lobak, tomat, dan kedelai goreng di dalamnya. Soto tanpa santan ini biasa disantap dengan nasi dan kerupuk.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan soto bandung (tanpa kedelai) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Soto bandung (tanpa kedelai) memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Soto bandung (tanpa kedelai):
  1. Ambil 300 gram Daging sapi
  2. Gunakan 1 buah lobak ukuran sedang
  3. Siapkan 2 batang daun bawang
  4. Gunakan Bumbu halus
  5. Sediakan 5 siung bawang putih
  6. Gunakan 3 siung bawang merah
  7. Gunakan 1 sdm lada bulat
  8. Gunakan Bumbu pelengkap
  9. Gunakan 2 lembar daun salam
  10. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  11. Sediakan 2 batang sereh
  12. Siapkan 2 batang lengkuas
  13. Sediakan 1 buah jeruk nipis
  14. Gunakan 2 sdm bawang goreng
  15. Sediakan Secukupnya kaldu bubuk, gula pasir dan garam

Ciri khas dari Soto Bandung adalah pemakaian lobak untuk menemani daging sapi dan masih dilengkapi taburan kacang kedelai goreng. Tanpa tambahan air jeruk, Sambal sudah terasa pedaaaaaaaas sekaligus asem-asem seger. Dengan resep soto bandung dan tahap-tahap pembuatannya di atas, semoga kamu bisa menghasilkan soto khas Bandung yang lezat. Pada umumnya soto Bandung adalah soto daging sapi dengan kuah bening yang dilengkapi dengan sayur lobak putih, makannya sering disebut soto lobak itulah ciri khasnya ditambah pelengkap kacang kedelai goreng, namun saya pernah Soto tanpa santan ini biasa disantap dengan nasi dan kerupuk.

Cara membuat Soto bandung (tanpa kedelai):
  1. Rebus daging sapi, potong kecil2
  2. Kupas dan potong lobak berbentuk bulat, lumuri dengan garam lalu rebus sebentar
  3. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan sereh. Lalu masukkan daging, masak hingga harum
  4. Beri air, masak hingga mendidih dan pastikan daging sudah empuk, tambahkan kaldu bubuk, gula dan garam. Masukkan lobak, daun bawang, bawang goreng. Koreksi rasa
  5. Sajikan dengan perasan jeruk nipis dan cabe rawit yg sudah dihaluskan, jika suka bisa tambahkan kacang kedelai goreng dan emping

Soto Bandung adalah soto khas Bandung, Jawa Barat. Sepintas, soto yang berbahan dasar daging sapi ini hampir sama dengan jenis soto yang lain, tetapi yang membuatnya berbeda adalah adanya tambahan lobak, tomat, dan kedelai goreng di dalamnya. Soto tanpa santan ini biasa disantap. Sepintas, hidangan yang berbahan dasar daging sapi ini hampir sama dengan jenis soto yang lain, namun yang membedakannya ialah ditambahkannya lobak, dan kacang kedelai yang telah digoreng. Resep soto Bandung dengan kuah bening dan gurih ini punya cita rasa lebih 'ringan' ketimbang variasi soto Nusantara lain.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto bandung (tanpa kedelai) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved