Resep Jongkong Khas Bangka yang Bisa Manjain Lidah

Lester Jacobs   17/11/2020 13:03

Jongkong Khas Bangka
Jongkong Khas Bangka

Sedang mencari ide resep jongkong khas bangka yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal jongkong khas bangka yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari jongkong khas bangka, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan jongkong khas bangka enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan jongkong khas bangka sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Jongkong Khas Bangka memakai 14 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Jongkong Khas Bangka:
  1. Gunakan gula merah, sisir halus
  2. Sediakan Bahan adonan hijau:
  3. Gunakan santan
  4. Siapkan sari daun pandan
  5. Gunakan tepung beras
  6. Sediakan tepung tapioka
  7. Ambil gula pasir
  8. Ambil garam
  9. Siapkan Bahan adonan putih:
  10. Ambil santan
  11. Siapkan tepung beras
  12. Ambil tepung tapioka
  13. Siapkan gula pasir
  14. Ambil garam
Langkah-langkah menyiapkan Jongkong Khas Bangka:
  1. Siapkan cup plastik lalu isi dengan gula merah yang sudah disisir halus. Sisihkan.
  2. Dalam panci campur dan aduk rata bahan adonan hijau. Kemudian masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga kental dan meletup-letup. Angkat. Lakukan hal yang sama juga untuk adonan putih
  3. Isi cup yang telah diisi dengan gula merah dengan adonan hijau hingga setengah cup, ratakan. Lalu isi atasnya dengan adonan putih hingga penuh. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Kukus sebentar hingga gula merah mencair sekitar 7 menit dalam dandang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dan tutupnya dialasi dengan kain.
  5. Angkat dan tata diatas piring saji.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Jongkong Khas Bangka yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved