Resep Empal Daging Gepuk yang Bikin Ngiler

Essie Freeman   15/11/2020 17:29

Empal Daging Gepuk
Empal Daging Gepuk

Sedang mencari ide resep empal daging gepuk yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal empal daging gepuk yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari empal daging gepuk, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan empal daging gepuk yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Hidangan empal atau yang akrab disebut dengan gepuk dibeberapa daerah adalah kuliner masakan Indonesia yang diolah dari bahan utama daging sapi dengan cara direbus terlebih dahulu dan. Empal gepuk siap disajikan dengan taburan bawang goreng, sayur asem dan sambal terasi. Salah satu hidangan Nusantara berbahan dasar daging adalah empal gepuk.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan empal daging gepuk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Empal Daging Gepuk menggunakan 18 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Empal Daging Gepuk:
  1. Gunakan 1/2 kg Daging Sapi utuh
  2. Siapkan 100 ml santan kental
  3. Gunakan 2 lembar daun salam
  4. Gunakan 3 lembar daun jeruk
  5. Siapkan 1 bh serai memarkan
  6. Ambil 25 gr gula merah irih tipis
  7. Gunakan 1 sdt air asam jawa
  8. Gunakan secukupnya Garam
  9. Siapkan secukupnya Gula pasir
  10. Siapkan secukupnya Kaldu bubuk sapi
  11. Ambil secukupnya Air bersih
  12. Siapkan Minyak untuk menumis
  13. Ambil Bahan halus
  14. Gunakan 6 siung bawang merah
  15. Gunakan 3 siung bawang putih
  16. Sediakan 6 butir kemiri sangrai
  17. Ambil 1/2 sdm ketumbar sangrai
  18. Ambil 2 ruas jari lengkuas muda

Kuliner ini memiliki rasa manis dan gurih yang sangat nikmat. Selain itu rasa dagingnya juga sangat enak, mengingat daging sapi yang. Resep empal goreng praktis daging sapi basah tanpa santan pedas kuah manis gentongjawa timur Resep Cara Membuat Empal Gepuk Sapi Empuk, Sedap dan Gurih Masih punya cadangan daging. Empal Daging atau disebut Gepuk Sunda di daerah Jawa Barat adalah lauk daging goreng yang dibumbui dan dimasak dengan teknik tertentu, salah satu masakan favorit saya sejak kecil.

Cara menyiapkan Empal Daging Gepuk:
  1. Rebus daging utuh beri sedikit garam masak hingga setengah matang angkat tiriskan. Potong daging melawan serat kira kira 1 cm.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum tuang santan dan air kaldu rebusan tadi beri daun salam,daun jeruk,serai, air asam jawa, gula merah, garam, kaldu bubuk sapi, gula pasir. Masukan daging yang sudah di potong tadi masak hingga empuk dan air menyusut.
  3. Memarkan daging dengan ulekan ato pemukul daging bila takut hancur tusuk daging dengan tusuk gigi baru memarkan.
  4. Panaskan minyak goreng, masukan daging empal goreng sebentar saja, angkat dan sajikan dengan nasi hangat sambel terasi dan lalapan.

Resep gepuk daging sapi merupakan resep masakan empal daging sapi yang menjadi menu lauk pauk enak dan lezat. Cara membuat masakan daging sapi gepuk ini cukup mudah. Siapa yang tidak mengenal empal gepuk? Irisan daging yang lembut dengan rasa gurih dan manis ini sangat lezat dinikmati bersama dengan nasi hangat dan sambal. Menu andalan di Rumah Makan Empal Gepuk Ny.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Empal Daging Gepuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved