Langkah Mudah untuk Membuat Kuping Gajah yang Menggugah Selera

Luella Davis   23/10/2020 08:36

Kuping Gajah
Kuping Gajah

Sedang mencari ide resep kuping gajah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kuping gajah yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kuping gajah, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan kuping gajah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Tanaman kuping gajah membutuhkan air untuk menjaga kelembapan media tanah. Yang perlu diingat adalah kamu nggak boleh menyiramnya secara berlebihan. Jika hal tersebut terjadi, air akan menggenang dan menjadi sarana jamur dan bakteri berkemban gbiak.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah kuping gajah yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Kuping Gajah menggunakan 10 jenis bahan dan 12 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Kuping Gajah:
  1. Gunakan 300 gram tepung terigu
  2. Ambil 50 gram gula pasir
  3. Sediakan 1 btr telur
  4. Sediakan 2 sdm susu bubuk
  5. Sediakan 1/2 sdt garam halus
  6. Sediakan 3 sdm margarin
  7. Siapkan 2 gram vanili essence
  8. Siapkan 2 sdm cokelat bubuk
  9. Sediakan 80 cc air, bagi jadi 2 gelas (setiap gelas berisi 40 cc)
  10. Siapkan minyak untuk menggoreng

Keduanya berhubungan dengan hal yang sama. Anthurium crystallinum dikenal di depan umum sebagai tanaman telinga gajah. Seperti yang kita ketahui bersama, menanam. Tanaman kuping gajah atau Aunthurium memiliki akar serabut dengan jumlah cukup banyak.

Cara membuat Kuping Gajah:
  1. Kocok gula pasir, telur, margarin hingga rata. Masukkan vanili, garam, terigu dan susu bubuk lalu aduk hingga tercampur rata.
  2. Bagi jadi 2 adonan sama rata, satu wadah biarkan berwarna putih, tinggal ditambahkan air 40cc lalu ulen hingga rata dan sisihkan. Wadah satunya tambahkan bubuk cokelat dan air 40cc lalu ulen. hasil seperti di foto
  3. Bagi adonan jadi beberapa bagian tergantung besar kecilnya yg ingin dibuat saya bagi jadi 4 gilas adonan dengan rolling pin/botol jangan terlalu tipis/tebal yaa
  4. Tumpuk adonan cokelat diatas adonan putih, gulung sambil dipadatkan agar tidak ada ruang antar lapisannya.
  5. Saya buat 2 versi, cokelat-putih dan putih-cokelat*
  6. Lapisi plastik, pastikan tidak saling menempel langsung antar gulungan. Simpan di freezer 1 jam saya lebih karena tetiba ada tetangga meninggal, ditinggal takziah dulu
  7. Keluarkan 1 gulung adonan, potong2 agak tipis lalu lapisi plastik atasnya dan gilas lagi dengan rolling pin/botol perlahan dan jangan ketipisan punya saya agak ketipisan jadi gabisa bulat bentuknya ada yg panjang, oval, hampir bulat di langkah gilas boleh skip ya, saya lakukan biar sedikit lebih tipis dan menghasilkan cekungan si ciri khas kuping gajah. si ponakan ikut ke jepret, dia seharian ngeliat tantenya sok sibuk deh Lakukan hingga selesai.
  8. Hasil setelah digilas ulang*
  9. Panaskan minyak, stel api kecil, biarkan mengambang baru aduk perlahan agar tidak hancur lalu goreng hingga golden dan angkat, tiriskan minyak.
  10. Biarkan dingin baru masukkan toples dan tutup rapat.
  11. Lumayan jadi setoples lebih dikit. Nyicil buat jajanan lebaran.
  12. Happy cooking dan selamat mencoba. See you!

Sebagian besar akar baik yang tua maupun muda pasti berwarna putih kecokelatan. Karena tergolong akar serabut, maka akar tanaman kuping gajah akan menyebar ke segala arah. Sebutan kuping gajah ini juga digunakan untuk membedakan antara jenis anthurium daun dan anthurium bunga. Daun dari tanaman kuping gajah ini menjadi pesona tersendiri bagi para pecinta tanaman hias. Jadi, tak heran jika tanaman kuping gajah ini banyak ditemukan di pekarangan rumah dimanfaatkan sebagai tanaman hias taman hingga tanaman hias ruangan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Kuping Gajah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved