Resep Sambal Goreng Ati Kentang No Santan yang Bisa Manjain Lidah

Winifred Turner   19/08/2020 15:43

Sambal Goreng Ati Kentang No Santan
Sambal Goreng Ati Kentang No Santan

Lagi mencari inspirasi resep sambal goreng ati kentang no santan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal goreng ati kentang no santan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Sambal Goreng Santan isi Pete Tahu Tempe Wortel Kentang enak lainnya. Berikut ini ada dua variasi cara membuat sambal goreng kentang, baik yang enak gurih pakai santan maupun enak sederhana tanpa santan. Resep sambal goreng kentang merupakan masakan yang banyak digemari bahkan sering hadir dalam hidangan prasmanan dalam acara kondangan pernikahan atau hajatan dan acara lainnya hingga sajian spesial lebaran.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal goreng ati kentang no santan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambal goreng ati kentang no santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sambal goreng ati kentang no santan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal Goreng Ati Kentang No Santan memakai 14 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sambal Goreng Ati Kentang No Santan:
  1. Sediakan 5 psg ati ayam
  2. Gunakan 1 bh kentang ukuran besar
  3. Ambil 4 daun jeruk
  4. Ambil 6 daun salam
  5. Gunakan 1 serai
  6. Ambil Lengkuas
  7. Sediakan Garam
  8. Sediakan Gula jawa
  9. Ambil Kaldu jamur
  10. Ambil Bumbu Halus :
  11. Sediakan 1 genggam cabe merah keriting (buang bijinya agar tidak pedas)
  12. Siapkan 8 bawang merah
  13. Siapkan 3 bawang putih
  14. Ambil 5 kemiri

KOMPAS.com - Sambal goreng hati sering dijadikan lauk untuk makan tumpeng. Cara membuanya sambal goreng hati ini tak sulit dan awet disimpan lama. Namun sebelumnya kamu memerlukan hati ayam atau sapi, kemudian kentang, santan cabai dan bumbu-bumbu lainnya. Langkah dan Cara Memasak Sajian Sedap Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Tanpa Santan Langkah Pembuatan.

Cara menyiapkan Sambal Goreng Ati Kentang No Santan:
  1. Didihkan air, garam sedikit, 2 daun jeruk, 3 salam. Masukkan ati ayam yang sudah dicuci. Rebus matang. Tiris. Potong2 kemudian goreng sebentar.
  2. Kupas kentang lalu potong dadu. Rendam air garam 10 menit agar hilang getahnya. Tiris. Goreng
  3. Tumis bumbu halus, daun jeruk, salam, laos, serai hingga betul2 matang (dicicipi tidak langu). Beri air sedikit2 agar tidak gosong
  4. Tambahkan garam, kaldu jamur, gula jawa,air bila perlu hingga mengental dan rasanya pas
  5. Masukkan ati ampela dan kentang. Aduk rata dan biarkan beberapa saat agar meresap. Angkat.
  6. Selamat menikmati ya..

Siapkan wajan kemudian anda panaskan dengan api sedang. Setelah minyak panas anda goreng terlebih dahulu beberapa bahan masakan yakni kentang dan ati ampela sampai matang, namun pastikan goreng secara terpisah dan tidak sekaligus disatukan. Sambal goreng kentang ati ampela balado ini termasuk menu yang popular di Indonesia. Sajian ini bisa kita temui di beberapa acara pesta maupun prasmanan. Dalam menu catering biasanya sambal goreng ini jadi satu diantara pilihan yang pasti ada pada daftar pilihan menunya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambal goreng ati kentang no santan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved