Resep Sambal Goreng Ati dan Kentang yang Lezat Sekali

Calvin Pierce   28/10/2020 07:14

Sambal Goreng Ati dan Kentang
Sambal Goreng Ati dan Kentang

Lagi mencari inspirasi resep sambal goreng ati dan kentang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal goreng ati dan kentang yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal goreng ati dan kentang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sambal goreng ati dan kentang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampla enak lainnya. Sambal Goreng Kentang, Ati, dan Petai - Potato, Chicken Liver, and Stink Bean in Chili Sauce. Resep olahan kentang dengan hati ayam ini rasanya gurih pedas.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal goreng ati dan kentang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal Goreng Ati dan Kentang menggunakan 23 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sambal Goreng Ati dan Kentang:
  1. Sediakan 1/2 kg ati sapi segar, potong kotak kecil
  2. Ambil 1/2 kg kentang, kupas, potong kotak kecil
  3. Siapkan Bumbu rebus ati
  4. Ambil 2-3 daun salam
  5. Gunakan 1 siung Bawang geprek
  6. Siapkan Bumbu halus
  7. Sediakan 9 cabai rawit (skip)
  8. Siapkan 15 bh cabai keriting
  9. Ambil 7 siung bawang putih
  10. Sediakan 6 bawang merah
  11. Ambil 1 saset kecil trasi
  12. Siapkan Bumbu kasar
  13. Gunakan 1 bh cabai merah besar iris serong
  14. Gunakan 1 bh tomat iris tipis
  15. Ambil 2 ruas laos geprek
  16. Ambil 3 daun salam
  17. Sediakan 1 daun jeruk
  18. Ambil 2 btg sereh (skip)
  19. Siapkan secukupnya Santan
  20. Ambil Secukupnya kaldu bubuk sapi
  21. Ambil sepucuk sendok teh Lada
  22. Sediakan 1 sdt Ebi (skip diganti trasi)
  23. Ambil Secukupnya Gula jawa dan Garam

Goreng kentang dan ati kemudian sisihkan, lalu goreng bawang putih, bawang merah serta cabe, masukkan lengkuas, jahe, sereh dan daun salam, tunggu hingga harum. Kemudian setelah harum masukkan ampla dan kentang yg sudah di goreng, kucuri santan dan kaldu ayam. Sedapnya sambal goreng kentang berpadu dengan nasi hangat, dimakan ketika cuaca dingin, nikmaaat. Kemudian aduk dan masak hingga mendidih dan semua matang.

Cara menyiapkan Sambal Goreng Ati dan Kentang:
  1. Cuci ati sapi segar hilangkan darahnya sampe bersih. Lalu rebus sebentar hingga ati sedikit kaku. Angkat dan potong2 kotak kecil 1x1 cm atau sesuai selera.
  2. Kemudian rebus ati sapi beserta bumbu rebusnya sampai matang dirasa sudah empuk, angkat dan tiriskan ati.
  3. Kupas kentang dan potong sesuai ati, lalu goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  4. Haluskan semua bumbu halus dengan blender. Lalu panaskan minyak tumis bumbu halus tambahkan bumbu kasar tumis sampai harum di aduk aduk ya biar ga gosong lalu masukan potongan halus cabai besar dan tomat, tumis sampai harum
  5. Tambahkan ati sapi yang sudah dipotong masak hingga bumbu meresap, lalu masukan kentang goreng.
  6. Tambahkan air agak banyak tunggu sampe mendidih tambahkan santan diaduk aduk biar santan ngga pecah dan tunggu sampai matang, tambahkan royco garam gula jawa cek rasa 🔥 (kuah agak kering atau sesuai selera saja ya)

Kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti kentang goreng dan pete. Jika semua bahan sudah matang kamu bisa langsung menyajikannya hangat-hangat. Sambal goreng ati ampela bisa disajikan dengan ketupat. Langkah dan Cara Memasak Sajian Sedap Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Pete Paling Sedap dan Enak Langkah Pembuatan. Siapkan terlebih dahulu wajan dan minyak, setelah itu anda tumis beberapa bahan masakan yakni bawang merah, putih, daun salam dan lengkuas.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sambal Goreng Ati dan Kentang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved